SISWA BERPRESTASI DAPAT BONUS PADA HUT NTB

id

         Mataram (ANTARA) - Sebanyak 25 siswa beprestasi akan mendapatkan bonus dari pemerintah provinsi pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Nusa Tenggara Barat ke-51 pada 17 Desember 2009.

         Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) NTB, H. Muhammad Imhal, di Mataram, Senin, mengatakan, sebanyak 25 siswa yang akan memperoleh bonus tersebut merupakan siswa yang pernah menjadi juara.

         Serta telah mengharumkan nama baik daerah dan bangsa dalam lomba olimpiade, olahraga, sain maupun festival di tingkat nasional dan internasional yang digelar pada 2009.

         "Kita akan berikan mereka penghargaan sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap prestasi mengharumkan nama NTB di tingkat nasional dan Indonesia di tingkat internasional," ujarnya.

         Ia mengatakan, pemberian bonus berupa uang tunai mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp9 juta tersebut akan diberikan secara simbolis pada puncak peringatan HUT NTB ke-51 di Kabupaten Bima, pada 17 Desember mendatang karena Pemerintah Kabupaten Bima ditunjuk sebagai tuan rumah.

         Satu dari 25 siswa yang akan menerima bonus tersebut yakni Annetta Dewi Wijaya, siswi SD Kristen Aletheia Mataram mendapatkan bonus sebesar Rp9 juta karena prestasinya memperoleh dua medali perak dan satu medali perunggu pada Olimpiade Matematika antarsiswa SD tingkat internasional di Filipina beberapa waktu lalu.

         "Dia memperoleh bonus paling besar dibandingkan 24 siswa lainnya, karena prestasinya yang luar biasa di tingkat internasional yakni mendulang tiga medali pada Olimpiade Matematika di Filipina beberapa waktu lalu," ujarnya.

         Ia mengatakan, pemberian bonus itu berdasarkan Surat Keputusan Gubernur NTB Nomor 582 tahun 2009 tentang pemberian bantuan sosial di bidang pendidikan kepada sekolah, lembaga, siswa berperestasi Provinsi NTB tahun anggaran 2009.

         Bantuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di NTB yang sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

         Ia berharap kepada semua siswa penerima bonus agar dapat menggunakan bantuan yang diberikan untuk pembinaan yang lebih intensif dalam upaya meningkatkan prestasi dalam setiap kegiatan yang digelar di tingkat nasional maupun internasional

         Selain memberikan bonus kepada siswa berprestasi, Pemprov NTB juga akan memberikan bantuan sosial kepada Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) NTB sebesar Rp15 Juta untuk pembinaan lomba dan olahraga.(*)