Nelayan di Mataram dilatih ngelas

id las,mataram,Disnaker

Nelayan di Mataram dilatih ngelas

Kegiatan praktek las oleh sejumlah peserta pelatihan di Kelurahan Bintaro yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram melalui program tenaga kerja mandiri (TKM). (Foto: ANTARA News/Nirkomala.ist)

"Mereka kami latih agar memiliki keahlian lain selain menjadi nelayan. Jadi, ketika tiba musim angin barat selama tiga bulan tidak melaut, nelayan bisa mencari alternatif kerja lain,"
Mataram// Kegiatan Praktek Las (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, memberikan pelatihan keahlian las bagi puluhan warga nelayan di Kelurahan Bintaro melalui program tenaga kerja mandiri (TKM).

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Mataram Hariadi di Mataram, Selasa mengatakan warga yang mendapat pelatihan las tersebut sebanyak 20 orang yang semuanya merupakan warga nelayan dari Kelurahan Bintaro, Kecamatan Ampenan.

"Mereka kami latih agar memiliki keahlian lain selain menjadi nelayan. Jadi, ketika tiba musim angin barat selama tiga bulan tidak melaut, nelayan bisa mencari alternatif kerja lain," katanya.

Menurutnya, kegiatan pelatihan tersebut berlangsung selama lima hari, dan setelah pelatihan semua peserta mendapatkan bantuan masing-masing satu paket alat las beserta peralatan pendukung lainnya.

Harapannya, dengan diberikannya peralatan tersebut sebagai modal awal para nelayan bisa membuka usaha baru sehingga bisa menjadi usaha sampingan bagi para nelayan.

"Siapa tahu, ke depan pekerjaan sampingan itu bisa jadi menjadi pekerjaan utama karena peluang usaha las saat ini cukup 'laris manis' di pasaran," katana.

Dikatakannya, untuk melaksanakan kegiatan pelatihan TKM tersebut, pihaknya mengalokasikan dana sebesar Rp70 juta. Karenanya, setelah peserta mendapatkan bantuan, pengawasan dan pembinaan selanjutnya diserahkan ke kelurahan.

"Jangan sampai anggaran yang dialokasikan pemerintah kota sia-sia," katanya.

Terkait dengan itu, sebelum bantuan diterima para peserta pelatihan diminta menandatangani pakta integritas, untuk tidak memindahtangankan atau memperjualbelikan bantuan.

Dikatakan, program TKM di Disnaker Kota Mataram telah dilaksanakan sebanyak dua kali, sebelumnya dilaksanakan di Kelurahan Bertais dengan jenis pelatihan salon kecantikan.

Pelaksanaan program TKM ini, sengaja dilaksanakan per kelurahan dengan tujuan agar program lebih fokus, tepat sasaran dan pengawasan lebih mudah.

"Silakan, kelurahan yang membutuhkan pelatihan dalam bidang tertentu mengusulkan melalui kegiatan MPBM (musyawarah pembangunan bermitra masyarakat) agar kami dapat mengalokasikan anggaran dan menyiapkan program sesuai yang diusulkan," ujarnya.