Rusia melaju ke putaran final selepas lumat Siprus

id timnas rusia,timnas siprus,kualifikasi euro 2020,kualifikasi piala eropa 2020

Rusia melaju ke putaran final selepas lumat Siprus

Pemain tim nasional Rusia Denis Cheryshev (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Siprus dalam laga lanjutan Grup I Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion GSP, Strovolos, Siprus, Minggu (13/10/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Yiannis Kourtoglou)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Rusia menyusul Belgia sebagai tim kedua yang lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 dari Grup I fase kualifikasi selepas mereka melumat tuan rumah Siprus dengan skor 5-0 di Stadion GSP, Minggu setempat (Senin WIB).

Kemenangan itu membuat Rusia kini telah mengumpulkan 21 poin di posisi kedua klasemen Grup I atau tak mungkin dikejar oleh Siprus (10) yang menempati urutan ketiga dengan dua laga tersisa di turnamen kualifikasi, demikian catatan laman resmi UEFA.

Ironisnya, hasil tersebut juga memastikan Siprus tidak akan punya peluang lagi untuk lolos ke putaran final dan hanya menjalani dua laga tersisa tanpa makna apapun.

Denis Cheryshev menjadi bintang kemenangan Rusia atas Siprus lewat catatan dua gol dan dua assist di laga tersebut, di mana tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-27.

Bertandang ke Stadion GSP, Rusia tampil sangat dominan dengan memiliki 69 persen penguasaan bola sepanjang laga dan mampu membuka keunggulan atas tuan rumah saat pertandingan baru berusia sembilan menit lewat gol Cheryshev dari sudut sempit.

Keunggulan itu sukses digandakan oleh Rusia pada menit ke-22 saat umpan Cheryshev diselesaikan dengan baik oleh Magomed Ozdoev.

Lima menit setelah gol kedua Rusia, Siprus mendapat kerugian setelah pelanggaran keras yang dilakukan Kostas Laifis terhadap Sergey Petrov berujung kartu merah.

Pun demikian, keuntungan jumlah pemain baru bisa dimanfaatkan oleh Rusia untuk memperbesar keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-79 saat Artem Dzyuba mencetak gol lewat tandukan jarak dekat menyambut umpan silang Cheryshev.

Pada menit ke-88, Aleksander Golovin mencetak gol keempat Rusia memanfaatkan umpan dari Dzyuba, sebelum kemudian pada menit kedua injury time Cheryshev mencetak gol keduanya demi memastikan kemenangan tim tamu menjadi 5-0 atas Siprus.

Susunan pemain:

Siprus (3-5-2): Constantinos Panayi (Urko Pardo); Charis Kyriakou, Giorgios Merkis, Konstantinos Laifis; Ioannis Kousoulos, Michalis Ioannou, Kostakis Artymatas, Matija Spoljaric (Fotios Papoulis), Nicolas Ioannou; Panayiotis Zachariou (Renato Margaca), Ioannis Kosti
Pelatih: Ran Ben Shimon

Rusia (4-3-3): Guilherme; Sergey Petrov (Vyacheslav Karavaev), Andrey Semenov, Georgiy Dzhikiya, Fedor Kudryashov; Aleksandr Golovin, Ilzat Akhmetov (Daler Kuzyaev), Magomed Ozdoev; Aleksey Ionov (Zelimkhan Bakaev), Artem Dzyuba, Denis Cheryshev
Pelatih: Stanislav Cherchesov