Barcelona bisa rebut puncak dari Real Madrid

id barcelona,real madrid,liga spanyol,atletico madrid,valencia,granada,sociedad,sevilla

Barcelona bisa rebut puncak dari Real Madrid

Penyerang Barcelona Luis Suarez (kanan) menyelamati Ousmane Dembele yang mencetak gol ke gawang Sevilla dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Nou Camp, Barcelona, Minggu (6/10/2019). (ANTARA/REUTERS/Albert Gea)

Jakarta (ANTARA) - Barcelona bisa merebut puncak klasemen dari Real Madrid saat menjalani rangkaian jadwal Liga Spanyol pekan kesembilan yang mulai bergulir pada Sabtu (19/10) dini hari WIB hingga Senin (21/10) dini hari WIB.

Las Blaugranas saat ini menempati posisi kedua dengan raihan 16 poin atau hanya terpaut dua poin dari Real Madrid di puncak. Lionel Messi dkk diuntungkan dengan memainkan laga lebih awal, yakni pada Sabtu (19/10) petang bertandang ke markas Eibar.

Jika menang, Barcelona jelas akan merebut posisi puncak dari Real Madrid. Persoalannya hanya tentang durasi.

Sebab, Real Madrid baru akan merumput pada Minggu (20/10) dini hari WIB melakoni laga tandang melawan Mallorca. Jika Real Madrid main imbang, Barcelona tetap di puncak setidaknya untuk sepekan mendatang.

Namun jika Real Madrid menang sudah tentu tim besutan Zinedine Zidane itu kembali ke puncak dan membatasi "masa peminjaman" Barcelona hanya beberapa jam saja.

Jeda internasional dua pekan cukup memberikan keuntungan bagi Ernesto Valverde, sebab sejumlah pemain Barcelona yang cedera memiliki kesempatan melakukan pemulihan.

Samuel Umtiti sudah mulai berlatih bersama tim, demikian juga Carles Perez dan Junior Firpo, yang jadi nilai tambah sebab Gerard Pique, Ronald Araujo dan Ousmane Dembele harus absen karena hukuman kartu.

Sebaliknya, Real Madrid justru masih diterpa badai cedera, antara lain sektor bek kiri yang ditinggalkan Marcelo dan Ferland Mendy, lini tengah tanpa Luka Modric, Toni Kroos dan Lucas Vazquez, sedangkan Gareth Bale juga mengalami sedikit masalah selepas membela tim nasional Wales.

Harapan besar mungkin disematkan kepada Eden Hazard yang baru pulang dari keberhasilan menjadikan Belgia sebagai tim pertama yang lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Madridista dan Zidane tentu berharap moral positif menular kepada penampilan Hazard yang dianggap belum sekelas Galactico di Real Madrid sejauh ini.

Seharusnya hasil laga pekan kesembilan menjadi prolog menarik jelang El Clasico edisi perdana yang sedianya digelar pada pekan ke-10, namun La Liga baru saja mengkonfirmasi pertandingan itu ditunda karena masalah keamanan hingga jadwal menyusul.

Halaman selanjutnya: Jika Barcelona gagal meraih... Problematika ketumpulan Atletico

Jika Barcelona gagal meraih tiga poin penuh dari Eibar, mereka terancam digusur oleh Atletico Madrid yang bermain pada Sabtu (19/10) malam menjamu Valencia di Wanda Metropolitano.

Hanya saja, Los Rojiblancos saat ini masih menghadapi problematika ketumpulan lini depan, mengingat mereka hanya mencetak dua gol dalam lima pertandingan terakhir yang tiga di antaranya berakhir dengan skor kacamata.

Minim gol memang identik dengan Atletico sejak di bawah asuhan Diego Simeone. 77 gol adalah jumlah terbanyak yang pernah mereka bukukan dalam semusim yakni pada 2013/14 kala keluar sebagai juara, namun minim gol musim ini jelas sebuah masalah yang harus segera dicari jalan keluarnya.

Simeone harus segera menemukan solusi atas kepergian Antoine Griezmann yang menyeberang ke Barcelona, mengingat legiun Prancis itu dalam lima musim membela Atletico selalu menyumbangkan paling sedikit 20 persen dari total gol mereka di Liga Spanyol.



Diego Costa, Alvaro Morata dan tentunya remaja seratus juta euro Joao Felix sebaiknya segera unjuk kemampuan untuk mengentaskan Atletico dari krisis gol yang dialami.

Di kubu lawannya, Valencia masih terjebak dalam hasil yang naik turun di bawah asuhan manajer Albert Celades dan kini dihadapkan persoalan cedera yang membuat Carlos Soler, Cristiano Piccini, Jose Gaya, Geoffrey Kondogbia dan Kevin Gameiro diragukan bisa tampil melawan Atletico.

Halaman selanjutnya: Granada, Sociedad dan Sevilla memiliki... Tantangan Granada, Sociedad, Sevilla dan Leganes

Granada, Sociedad dan Sevilla memiliki tantangan yang sama menjalani pekan kesembilan, yakni kembali ke jalur kemenangan setelah kompak menderita kekalahan di pertandingan terakhir masing-masing.

Granada akan menjamu Osasuna dalam laga pembuka rangkaian jadwal Liga Spanyol pekan kesembilan pada Sabtu (19/10) dini hari WIB. Granada tentu tak ingin status mereka sebagai tim promosi sarat kejutan hanya bertahan pada awal musim saja.

Sociedad kedatangan Real Betis pada Minggu (20/10) malam dan Sevilla menjamu Levante pada Senin (21/10) dini hari WIB.

Sementara itu, Leganes yang menjadi satu-satunya tim nirkemenangan di Liga Spanyol musim ini jelas ingin mengubah nasibnya saat melawat ke markas Getafe pada Sabtu (19/10) malam.

Berikut jadwal Liga Spanyol pekan kesembilan (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (19/10) dini hari
02.00 Granada vs Osasuna

Sabtu (19/10) petang s.d. Minggu (20/10) dini hari
18.00 Eibar vs Barcelona
21.00 Atletico Madrid vs Valencia
23.30 Getafe vs Leganes
02.00 Mallorca vs Real Madrid

Minggu (20/10) petang s.d. Senin (21/10) dini hari
17.00 Alaves vs Celta Vigo
19.00 Sociedad vs Real Betis
21.00 Espanyol vs Villarreal
23.30 Athletic Bilbao vs Valladolid
02.00 Sevilla vs Levante