Presiden Brazil menuding aktor DiCaprio bayar untuk pembakaran Amazon

id kebakaran Amazon,Jair Bolsonaro,Leonardo DiCaprio,WWF,relawan pemadam kebakaran

Presiden Brazil menuding aktor DiCaprio bayar untuk pembakaran Amazon

Aktor Leonardo DiCaprio berpose saat pemutaran perdana film Once Upon a Time in Hollywood di London, Senin ( 30/7/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Simon Dawson/pras.

Sao Paulo (ANTARA) - Presiden Brazil Jair Bolsonaro menyatakan bahwa aktor Hollywood Leonardo DiCaprio membayar untuk kebakaran hutan Amazon yang dirancang, tanpa menyertakan bukti apa pun dalam selebaran terbaru dari pemimpin sayap-kanan yang menimpakan kesalahan atas kebakaran hutan yang telah menarik perhatian internasional.

Bolsonaro tampaknya mengomentari unggahan-unggahan media sosial yang mengklaim bahwa organisasi lingkungan yang disediakan oleh Dana Margasatwa Dunia (World Wildlife Fund/WWF) membayar gambar yang diambil oleh relawan petugas pemadam kebakaran yang kemudian digunakan untuk meminta sumbangan, termasuk sumbangan 500.000 dolar dari DiCaprio.

WWF membantah menerima sumbangan dari DiCaprio atau mendapatkan foto dari petugas pemadam kebakaran.

"Leonardo DiCaprio ini adalah pria yang keren, bukan? Memberikan uang untuk membakar Amazon," kata Bolsonaro dalam sambutan singkatnya di depan kediaman presiden.

Perwakilan untuk DiCaprio tidak segera menanggapi permintaan komentar.

DiCaprio telah menjadi penyeru yang lantang untuk memerangi perubahan iklim, sering mencuit di Twitter tentang masalah lingkungan, termasuk kebakaran hutan Amazon. Yayasan Leonardo DiCaprio miliknya, yang berfokus pada proyek-proyek yang "melindungi satwa liar yang rentan dari kepunahan," adalah bagian dari Aliansi Bumi (Earth Alliance).

Empat anggota organisasi nonpemerintah Alter do Ch £ o Pemadam Kebakaran ditangkap pada Selasa dengan polisi menuduh mereka sengaja membakar untuk mendokumentasikan kebakaran serta mengumpulkan lebih banyak sumbangan. Mereka dibebaskan pada Kamis atas perintah hakim.

Politisi dan LSM lainnya dengan keras mengkritik penangkapan itu, mengatakan tindakan tersebut adalah bagian dari upaya bersama pemerintah Bolsonaro untuk melecehkan kelompok-kelompok lingkungan.

Bolsonaro telah berulang kali mengecam berbagai faksi dalam menyalahkan kebakaran hutan.

Dalam unggahan langsung Facebook pada 21 Agustus, dia mengatakan, "Semuanya menunjukkan" bahwa LSM akan pergi ke Amazon untuk "membakar" hutan. Ketika ditanya kemudian apakah dia memiliki bukti untuk mendukung tudingannya, Bolsonaro mengatakan dia "tidak memiliki rencana tertulis," menambahkan "itu bukan bagaimana hal itu dilakukan."

Suatu hari kemudian dia mengakui bahwa para petani dapat secara ilegal membakar hutan hujan, tetapi kira-kira sebulan kemudian dia menyerang "media pembohong" karena mengatakan bahwa hutan hujan sedang dihancurkan oleh kebakaran.

Hutan hujan Amazon dianggap sebagai benteng melawan perubahan iklim global.

Bolsonaro telah berbicara tentang DiCaprio pada hari Kamis selama siaran web langsung. Presiden mengatakan WWF membayar LSM pemadam kebakaran untuk mengambil gambar kebakaran hutan di Amazon.

"Jadi, apa yang dilakukan LSM? Apa hal yang paling mudah? Membakar hutan. Ambil gambar, buat video," kata presiden. "(WWF) melakukan kampanye melawan Brasil, itu menghubungi Leonardo DiCaprio, dia menyumbangkan 500.000 dolar."

"Sebagian dari itu ditujukan kepada orang-orang yang membakar. Leonardo DiCaprio, Anda berkontribusi terhadap kebakaran di Amazon, itu tidak akan berhasil," kata Bolsonaro.

Sumber: Reuters