Voli duduk kesulitan mencari lawan latih tanding jelang ASEAN Paragames

id voli duduk,sitting volleyball,deddy winata,asean paragames 2020

Voli duduk kesulitan mencari lawan latih tanding jelang ASEAN Paragames

Pelatih timnas bola voli duduk (sitting volleyball) Deddy Winata saat ditemui di sela-sela sesi latihan jelang ASEAN Paragames 2020 di Solo, Jawa Tengah, Kamis (18/12/2019). ANTARA/Roy Rosa Bachtiar.

Solo (ANTARA) - Pelatih timnas bola voli duduk (sitting volleyball) Deddy Winata menuturkan pihaknya saat ini menghadapi kendala untuk mencari tim lain untuk diajak sebagai lawan latih tanding jelang ASEAN Paragames 2020 karena jumlah atlet cabang olahraga disabilitas ini terbilang masih sedikit.

"Persiapan pra-kompetisi dan sudah latihan panjang sejak Mei. Nah sekarang fokusnya meningkatkan game dan sparing dengan beberapa tim di Solo, tapi kami keterbatasan sumber daya lawan karena atletnya masih jarang untuk cabor ini," tutur Deddy saat dijumpai di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Ia menjelaskan, jelang keberangkatan ke Filipina seharusnya timnya meningkatkan porsi latih tanding yang merupakan bagian program pelatihan, namun sayangnya hal tersebut justru menjadi kendala di lapangan.

Sebagai solusi, akhirnya tim voli duduk memutuskan untuk melakukan latih tanding dengan tim voli normal agar atlet tetap bisa mempraktikan teori dan latihan yang sudah diberikan selama pelatnas sejak tujuh bulan lalu.

Lain halnya di sisi kebutuhan logistik, Deddy menuturkan bahwa aspek tersebut telah tercukupi dengan sangat baik dan tidak ada hambatan teknis yang dihadapi.

"Kalau di kami Alhamdulillah tidak ada kendala apapun, lancar semua termasuk peralatan seperti kostum, sepatu, honor juga sudah masuk. Pokoknya sekarang sudah fokus ke game, tidak memikirkan hal itu karena sudah diurus pengurus. Sekarang ya latih tanding saja harusnya," kata Deddy menerangkan.

Timnas voli duduk Indonesia juga sempat menjalani uji coba di Korea Selatan pada bulan Agustus dan berhasil menduduki peringkat tiga se-Asia, di bawah Korea Selatan, serta China yang menduduki peringkat pertama.

Untuk target, ia menuturkan bahwa secara tertulis timnya diharapkan bisa meraih medali perak. Namun Deddy enggan terlalu percaya diri mengingat saingan dari negara ASEAN yang lumayan tangguh.

"Kami tidak berani menargetkan secara pasti ya, karena ada saingan terbaiknya yaitu Thailand," katanya.