Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Biddokkes Polda NTB melaksanakan Bhakti sosial berupa pengobatan massal gratis terhadap masyarakat yang terdampak banjir di Dusun Nunggal I, Desa Dakung, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah yang terjadi pada Selasa (25/10) malam.

"Peduli bencana alam demi kemanusiaan merupakan tindak lanjut dan respon cepat dari adanya bencana alam banjir di wilayah Kecamatan Praya Tengah, akibat hujan lebat dan menggenangi perumahan warga," kata Kapolres Lombok Tengah, AKBP Irfan Nurmansyah dalam keterangan tertulisnya di Praya, Rabu. 

Ia mengatakan, dalam pengobatan massal secara gratis tersebut Biddokes Polda NTB memberikan pelayanan kepada masyarakat baik yang terkena musibah banjir, yang terdampak maupun masyarakat umum. Pengobatan yang diberikan kepada masyarakat umum sebanyak 83 orang warga, sementara yang melakukan konsultasi kesehatan sebanyak 12 orang, adapun pelayanan kesehatan diberikan juga kepada anggota Polri dan Bhabinsa yang berada di lokasi bencana.

"Dari hasil pemeriksaan kesehatan terhadap warga masyarakat yang terdampak banjir ditemukan adanya warga yang sakit," katanya. 

Selain konsultasi kesehatan juga dilakukan pemeriksaan kesehatan sekaligus pengobatan gratis dan pembagian vitamin kepada warga masyarakat di Desa Dakung. 

"Dengan adanya kegiatan ini bisa membantu warga yang terkena dampak banjir," katanya. 

Sebelumnya, Hujan lebat dengan intensitas cukup tinggi yang terjadi di wilayah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat mengakibatkan rumah warga di tiga desa terendam banjir akibat luapan air sungai.

"Informasi sementara banjir terjadi di Desa Mujur, Praya Timur dan Desa Dakung serta Desa Batunyale, Kecamatan Praya Tengah," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lombok Tengah, Zamzuri di Praya, Selasa malam (25/10/2022).

"Petugas gabungan bersama aparat TNI-Polri telah turun membantu warga yang terdampak," katanya. 

Ia mengatakan, banjir tersebut akibat dari hujan lebat dan tumpukan sampah di sungai yang mengakibatkan air meluap dan masuk ke rumah warga yang ada di sepanjang aliran sungai. Dampak banjir tersebut mengakibatkan puluhan rumah warga terendam banjir dan satu buah jambatan penghubung desa di Kecamatan Praya Timur putus.

"Tidak ada korban jiwa," katanya. 

 

Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Riza Fahriza
Copyright © ANTARA 2024