Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), melakukan pemetaan tempat pemungutan suara (TPS) pada pilkada 27 November 2024.

"Total TPS yang dipetakan untuk pilkada Lombok Tengah itu sebanyak 1.658 yang tersebar di 12 kecamatan," kata Ketua KPU Lombok Tengah, Hendri Harliawan usai silaturahmi dengan wartawan di Praya, Jumat.

Ia mengatakan jumlah TPS pada pilkada 2024  berkurang bila dibandingkan dengan jumlah TPS pada Pemilu 14 Februari lalu, yang mencapai 3.316 TPS yang tersebar di 154 desa di 12 kecamatan.

"Pengurangan jumlah TPS ini berdasarkan geografis dan disesuaikan dengan tahapan pemungutan suara. Jumlah daftar pemilih tetap per TPS untuk pilkada 2024 sebanyak 600 pemilih," katanya.

Baca juga: Seorang pimpinan ponpes maju Pilkada Lombok Tengah lewat Gerindra

Ia menyebutkan jumlah daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) pada pemilihan bupati dan wakil bupati Lombok Tengah 2024 bertambah dua persen dari jumlah DPT Pemilu 2024 lalu sebanyak 772.406 pemilih.

"Ada penambahan dua persen atau sekitar 15 ribu pemilih dari jumlah DPT," katanya.

Baca juga: Dua Kades di Lombok Tengah daftar maju cabup-cawabup

Ia mengatakan pihak KPU telah siap melaksanakan tahapan pilkada 2024, terutama kesiapan petugas badan ad hoc, yakni anggota PPK dan PPS telah dibentuk dan telah dilantik.

Sementara itu, sejumlah tokoh di Lombok Tengah mulai bermunculan untuk bertarung pada pilkada 2024, termasuk petahana yakni Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah periode Pathul-Nursiah. Anggota DPRD NTB Ahmad Puaddi, Ruslan Turmuzi, mantan calon bupati Pilkada 2018 Masrun dan pimpinan ponpes TGH Mala Sari.

Selain itu, Ketua Forum Kepala Desa dan Sekretaris FKD Lombok Tengah Suasto dan Suhaidi dan beberapa tokoh politik lainnya.

Baca juga: Pasangan Suhaili-Asrul maju Pilkada NTB 2024 lewat PPP
Baca juga: KPU ingatkan PPK jaga integritas di Pilkada Lombok Tengah 2024
Baca juga: Wakil Bupati Lombok Tengah berebut rekomendasi Nasdem di Pilkada 2024


Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024