Jakarta (ANTARA) -
Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gunawan Suswantoro, menyebut bahwa kementeriannya menjadi yang tercepat dalam merespons pengaduan masyarakat, melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional/Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!).
 
Dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa, ia membeberkan berdasarkan laporan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), kementeriannya sudah mampu menjadi pelayan yang terbaik dalam sistem pengaduan masyarakat.
 
"Ini harus menjadi kebanggaan kita semuanya seluruh pegawai, alhamdulillah sekarang bisa tercepat dalam merespon pengaduan masyarakat," kata Gunawan saat membuka diskusi kelompok terpumpun (FGD) untuk pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) di lingkungan Kemenpora.
 
Dia membeberkan, Kemenpora, disebut tercepat dalam merespon aduan masyarakat yang masuk ke dalam sistem.
 
Dalam beberapa jam saja, Kemenpora sudah menanggapi setiap pengaduan yang masuk. Itu artinya, tambah dia, lembaga negara tersebut sudah mampu responsif terhadap semua aduan masyarakat.
 
Ia menambahkan, kementerian itu merupakan badan publik yang memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai bidangnya, termasuk dalam hal pertanyaan dan permintaan informasi dari masyarakat, salah satunya yang masuk melalui SP4N-LAPOR!.
 
Oleh sebab itu, dalam keterbukaan informasi publik tersebut, Kemenpora berupaya terus berproses ke arah yang lebih baik.

Baca juga: Kemenpora perkuat PPID melalui FGD
Baca juga: Kemenpora mendukung keterlibatan swasta melalui ISFEX 2024
 
"Saya perlu mengingatkan bahwa Kemenpora tidak bisa terlepas dari pertanyaan atau permintaan informasi yang ada, sehingga menjadi tanggung jawab bersama," ujar dia.
 
Kemenpora pada 2023 mendapatkan predikat informatif dan menduduki peringkat kelima secara nasional dalam monitoring dan evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik (KIP).
 
Pada 2024, Sesmenpora menargetkan kementeriannya bisa masuk dalam tiga besar.
 
 

Pewarta : Donny Aditra
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024