Lombok Tengah (ANTARA) - Kepolisian Resor Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) dalam rangka meningkatkan kesiapan menghadapi pengamanan Pilkada 2024.

“Simulasi sispamkota ini untuk memantapkan berbagai kesiapan yang sedang kami lakukan dalam menyukseskan Pilkada Lombok Tengah 2024,” kata Kapolres Lombok Tengah AKBP Iwan Hidayat usai kegiatan di Praya, Senin.

Sebelum melakukan simulasi, pihaknya bersama instansi terkait melaksanakan tactical floor game (TFG) guna memantapkan berbagai aspek serta sarana dan prasarana pendukung dalam kegiatan pengamanan nanti.

Baca juga: Polisi gelar simulasi pengamanan Pilkada Lombok Timur

Dalam pelaksanaan simulasi sispamkota diperagakan beberapa tahapan pelaksanaan Pemilu yang dituangkan dalam skenario pengamanan dan didemonstrasikan oleh personel gabungan TNI-Polri serta instansi terkait.

“Poin peragaan yang paling penting dari simulasi ini adalah kerawanan akan terjadinya kericuhan dan kemungkinan adanya aksi unjuk rasa sebagai bentuk ketidakpuasan terhadap hasil Pilkada 2024," katanya.

Oleh karena itu, melalui latihan ini itu diharapkan personel yang terlibat pengamanan nanti dapat mengerti apa yang menjadi tugasnya, serta memahami cara bertindak sesuai dengan SOP.

“Semoga apa yang dilakukan hari ini dapat menjadi langkah awal dalam mengamankan Pilkada 2024 khususnya di Kabupaten lombok tengah sehingga nantinya dapat berjalan aman, lancar dan kondusif,” katanya.

Pada Pilkada 27 November 2024 itu, warga Kabupaten Lombok Tengah akan melaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati Lombok Tengah serta gubernur dan wakil gubernur NTB.

Baca juga: TNI siap mendukung pengamanan Pilkada Lombok Tengah 2024
Baca juga: Polda NTB siapkan 800 personel pengamanan di Pilkada 2024


Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024