Mataram (ANTARA) - Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Hassanudin melantik lima penjabat sementara (Pjs) bupati dan wali kota di wilayah itu untuk menggantikan sementara kepala daerah yang maju di Pilkada serentak 2024.

Pengukuhan lima penjabat sementara (Pjs) bupati dan wali kota ini dilaksanakan di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB di Mataram, Selasa.

Lima Pjs bupati/wali kota yang dilantik itu merupakan pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB. Lima pejabat itu, yakni Abdul Azis, jabatan sebelumnya sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB menjadi Pjs Bupati Kabupaten Lombok Tengah.

Selanjutnya Julmansyah jabatan sebelumnya sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB menjadi Pjs Bupati Sumbawa Barat.

Kemudian Najamuddin jabatan sebelumnya Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi NTB menjadi Pjs Bupati Sumbawa.

Baiq Nelly Yuniarti jabatan sebelumnya sebagai Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB menjadi Pjs Bupati Dompu. Tri Budiprayitno jabatan sebelumnya sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB menjadi Pjs Wali Kota Mataram.

Penjabat (Pj) Gubernur NTB Hassanudin berharap lima Pjs yang baru dikukuhkan bisa menjalankan tugas dan menjalankan kepemimpinan yang baik, berlandaskan peraturan perundang-undangan, dan tidak melanggar ketentuan yang berlaku meski hanya menjabat selama dua bulan kurang dua hari atau selama masa kampanye pilkada, yakni dari 25 September sampai dengan 23 November 2024.

"Saya berharap para Pjs yang baru dikukuhkan dapat menjalankan tanggung jawab besar yang mereka emban dengan baik demi keberlanjutan pembangunan di daerah yang di pimpin," ujarnya.

Selain itu, ia mengingatkan kepada lima Pjs untuk mampu menjaga dan menjalankan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayahnya masing-masing selama berlangsungnya tahapan pilkada 2024.

"Dan terpenting, Pjs harus mampu menjaga netralitas ASN di pilkada sehingga ini harus dilaksanakan dengan penuh sungguh-sungguh. Intinya saya ucapkan selamat sekali lagi dan harapan kita semoga ini berjalan dengan lancar, damai, sesuai dengan tahapan pilkada," katanya.

Hadir pada pengukuhan lima Pjs ini, diantaranya Sekreyaris Daerah (Sekda) NTB Lalu Gita Ariadi, Ketua DPRD NTB Baiq Isvie Rupaeda, Ketua KPU NTB Muhammad Khuwailid, Ketua Bawaslu NTB Itratip, Forkopimda NTB dan pimpinan OPD di lingkungan Pemprov NTB.

Pewarta : Nur Imansyah dan Mahasiswa PKL UIN Mataram
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024