Lombok Tengah (ANTARA) - Pada hari pertama masa kampanye pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Pilkada 2024 Zulkieflimansyah-H Moh Suhaili (Zul-Uhel) menyapa masyarakat pesisir di pantai selatan Lombok Tengah.

Calon Wakil Gubernur NTB HM Suhaili FT di Lombok Tengah, Rabu mengatakan kedatangan ke tempat tersebut mengingatkan dirinya ketika Ia kerap mendatangi wilayah tersebut untuk menyelesaikan berbagai persoalan masyarakat. 

"Sampai saat ini banyak persoalan yang masih sering terjadi terutama tentang persoalan tanah yang ada di kawasan KEK Mandalika," katanya.

Ia juga menyoroti tentang batas sempadan pantai yang aturannya harus berjarak 100 meter dari bibir pantai, sehingga pembangunan yang melanggar aturan tersebut bisa merugikan masyarakat atau para nelayan.

"Aturan batas pinggir pantai tidak boleh diperjualbelikan ataupun dimiliki dan harus berjarak 100 meter dari pantai," katanya.

Baca juga: Bang Zul soroti pentingnya pendidikan bagi anak muda NTB

Ia mengatakan dengan adanya pengelolaan wilayah pariwisata oleh Investor, tidak boleh menghalangi masyarakat pesisir dalam mencari nafkah dari hasil alam yang ada di Lombok. 

"Ke depan kami tidak ingin ada penutupan akses jalan bagi masyarakat pesisir yang pergi mencari nafkah di laut. Potensi wisata di NTB ini harus sebesar-besarnya dapat dinikmati oleh masyarakat," katanya. 

Suhaili juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap bersatu untuk menjaga dan memperjuangkan hak-hak mereka terutama hak mendasar yang menyangkut hajat hidup masyarakat. 

"Itulah salah satu niat yang saya miliki untuk maju mencalonkan diri sebagai wakil gubernur bersama bang Zul supaya dapat berkontribusi bagi masyarakat NTB," katanya.

Baca juga: Barisan Muda NU Lombok siap menangkan Zul-Uhel di Pilgub NTB

Dalam keadaan kesem7itu, perwakilan masyarakat pesisir pantai selatan Lombok Tengah yang berasal dari Kecamatan Praya Barat dan Pujut berikrar mendukung dan memenangkan pasangan calon Zulkiflimansyah dan HM Suhaili di Pilkada 2024.

Ikrar dukungan tersebut dibacakan Katua Yayasan Peduli Umat (YIPU) NTB Supardi Yusuf bersama Ali Wardana bersama ratusan masyarakat pesisir pantai di Desa Tumpak Kecamatan Pujut.

"Bapak Suhaili sangat memperhatikan hak-hak masyarakat, tak terkecuali masyarakat pesisir pantai selatan ketika beliau menjabat bupati dua periode di Lombok Tengah," kata Ali Wardana.

Senada dengan Ali Wardana, Ketua YIPU NTB Supardi Yusuf mengatakan, masyarakat Lombok Tengah selalu teringat jasa Suhaili yang membangun insfrastruktur berupa jalan dan irigasi yang manfaatnya dirasakan hingga masyarakat di pelosok-pelosok wilayah Lombok Tengah.  

"Meskipun yayasan ini bukan partai politik, namun melalui momentum pilkada ini, kami bersama masyarakat pesisir selatan harus mengambil peran untuk memenangkan pasangan Zul-Uhel agar hak-hak kita dapat terpenuhi," katanya.

Baca juga: Warga Mataram Deklarasi Dukung Zul-Uhel di Pilgub NTB
Baca juga: Zul-Uhel, Rohmi-Firin dan Iqbal-Dinda siap tarung di Pilgub NTB 2024

Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024