Balikpapan (ANTARA) -
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengajak semua negara dan Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB) merespons dengan cepat menyangkut serangan Israel ke Lebanon.
 
"Kami ajak semua negara dan juga PBB berikan respons yang cepat agar tidak banyak korban atas serangan Israel," kata Jokowi di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis.
 
Indonesia juga mengutuk keras serangan Israel ke Lebanon yang menimbulkan banyak korban jiwa.

Krisis yang tengah berlangsung di Lebanon, kata Jokowi, serangan Israel ke Lebanon telah menimbulkan keprihatinan internasional, termasuk dari pemerintah Indonesia.
 
Presiden Jokowi menyatakan bahwa pemerintah Indonesia akan memulangkan warga negara Indonesia (WNI) yang berada di zona konflik Lebanon.
 
"Saya sudah telepon Menteri Luar Negeri untuk pemulangan WNI di zona konflik, dan saat ini dalam proses," jelas Jokowi.

Baca juga: Tewaskan 500 orang, Presiden Jokowi kutuk keras serangan Israel ke Lebanon
 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebelumnya telah memberikan respons atas serangan udara Israel ke Lebanon yang dilancarkan pada hari Senin (23/9) dan berlanjut hingga Selasa (24/9).
 
"Kami melihat situasi dan mengutuk keras serangan Israel ke Lebanon yang mengakibatkan korban ratusan nyawa warga sipil, termasuk anak-anak," jelasnya.
 
Respons tersebut disampaikan Menlu Retno Marsudi di sela kegiatan Sidang Ke-79 Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa (24/9) waktu setempat.

Baca juga: Hongaria menegaskan tak terlibat dalam ledakan peyeranta di Lebanon
 
Menurut dia, serangan menambah ketegangan situasi di Timur Tengah yang menjadi krisis kemanusiaan karena kekejaman yang terus dilakukan Israel kepada bangsa Palestina.

"Kekerasan serta agresi tidak boleh menjadi kenormalan baru," ujarnya.
 
Dalam laporan pemerintah Lebanon, hingga Selasa (24/9) angka kematian korban mencapai 558 orang dengan lebih dari seribu orang mengalami luka-luka.

Baca juga: Serangan ledakan pager belum pernah terjadi sebelumnya
Baca juga: Tak ada korban WNI dalam ledakan alat komunikasi di Lebanon

Pewarta : Nyaman Bagus Purwaniawan/Muhammad Solih Januar
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024