Mataram (ANTARA) - Calon Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) nomor urut (3) Lalu Muhammad Iqbal mengatakan pengelolaan sektor tambang menjadi fokus pembangunan yang akan dilaksanakan dan kesejahteraan warga di lingkar tambang tetap menjadi prioritas.

"Masyarakat di lingkar tambang harus merasakan peningkatan kesejahteraan. Itu tujuan utama kami," kata Lalu Muhammad Iqbal saat kampanye di Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, Sabtu.

Ratusan warga Desa Bagik Payung, Kecamatan Suralaga, menyatakan dukungan penuh kepada pasangan Lalu Muhammad Iqbal dan Indah Damayanti Putri (Iqbal-Dinda) dalam Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) 2024.

"Kami akan terus berdialog dengan pihak tambang emas. Pengembangan tambang harus berdampak positif pada pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat sekitar. Itu yang paling penting," katanya.

Baca juga: Cagub NTB Iqbal janji memajukan sektor pariwisata

Dalam pidatonya Iqbal menyoroti data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan NTB termasuk dalam 10 provinsi termiskin di Indonesia. Menurutnya, hal ini memerlukan perubahan drastis dalam cara pengelolaan provinsi untuk keluar dari daftar tersebut.

"Harus mengubah paradigma itu, pengelolaan dengan cara lama sudah terbukti tidak efektif. Di butuh pendekatan baru yang lebih inovatif dan berfokus pada kesejahteraan rakyat," katanya.

Ia menegaskan pentingnya dialog dengan pemerintah pusat dan pengusaha tambang agar pengembangan tambang dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sekitar.

Baca juga: Iqbal-Dinda janjikan dana hibah untuk desa di NTB senilai Rp500 juta

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Turki itu juga menyinggung dampak negatif tambang yang dirasakan oleh sebagian masyarakat. Ia berjanji untuk mencari solusi agar kebijakan tambang tidak merugikan masyarakat dan tetap memperhatikan kesejahteraan mereka.

Pasangan Iqbal-Dinda optimis bahwa dengan dukungan masyarakat yang kuat, mereka dapat membawa perubahan positif dan mengentaskan kemiskinan di NTB.

"Kami yakin bisa membawa NTB ke arah yang lebih baik dengan dukungan rakyat," katanya.

Acara silaturahmi ini diakhiri dengan deklarasi dukungan dari warga Bagik Payung, yang berharap pasangan Iqbal-Dinda dapat membawa perubahan nyata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTB. 

Baca juga: Bacagub Iqbal bertemu mantan Wagub NTB jelang Pilkada 2024

Baca juga: Mengenal tiga pasangan calon kepala daerah NTB

 

Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024