Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengemukakan bahwa puluhan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dilibatkan dalam Mandalika Kuliner Expo 2024 sebagai upaya mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Ini untuk mendukung pertumbuhan ekonomi UMKM," kata Pjs Bupati Lombok Tengah Abdul Azis di Lombok Tengah, Sabtu.

Ia mengatakan Mandalika Expo kali ini sangat spesial, tidak hanya karena melibatkan UMKM yang memiliki ciri khas dan telah menjadi legenda di Lombok Tengah, tetapi juga menjadi ajang bagi masyarakat untuk merayakan kekayaan kuliner dan budaya daerah.

“Ini dibuktikan dengan menampilkan berbagai produk lokal, kami mendukung pertumbuhan ekonomi dan memberikan ruang bagi pelaku usaha untuk menunjukkan kreativitas mereka,” katanya.

Baca juga: Branding kuliner lokal di Lombok Tengah diperkuat

Dalam kegiatan Mandalika Kuliner Expo juga ada fesyen show dari pengurus Dekranasda yang melibatkan anak-anak SD berusia 5 hingga 12 tahun.

Ini adalah langkah positif dalam menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas anak-anak, serta mengajak mereka untuk mencintai budaya daerah sejak dini.

“Selain itu, pameran keris juga menjadi salah satu daya tarik, memperlihatkan warisan budaya yang harus dilestarikan," katanya.

Baca juga: 50 UMKM NTB antusias sambut pengunjung MotoGP dengan aneka pilihan kuliner khas Lombok

Selain Mandalika Expo, Pemkab juga melaksanakan gerakan pangan murah yang bertujuan untuk memberikan akses pangan yang terjangkau bagi masyarakat, sehingga kebutuhan pokok dapat terpenuhi dengan baik. Dengan melibatkan para petani lokal, pihaknya berupaya menjaga kestabilan harga pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani.

“Saya mengajak semua untuk meramaikan acara yang digelar hingga 20 Oktober 2024, yang dirangkaikan dengan car free night pada 19 Oktober 2024," katanya.

Baca juga: Kemenparekraf: FJB Mandalika angkat pamor kuliner legendaris Indonesia

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Inovasi Daerah (Bapperida) Lombok Tengah Lalu Wiranata menegaskan bahwa kegiatan Mandalika Kuliner Expo ini dilakukan untuk memperingati HUT Ke- 79 Lombok Tengah

“Kegiatan Mandalika Expo ini sebenarnya sudah dilaksanakan selama tiga tahun dan tahun ini kami ambil tema kuliner, karena ingin memperkenalkan kuliner yang paling enak dan sangat legendaris di Lombok Tengah," katanya.

 

Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024