Mataram (ANTARA) - Sebanyak 162 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mengikuti kegiatan lomba Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-VIII tingkat Kota Mataram untuk meningkatkan kecintaan ASN kepada Al Quran.

"STQ Korpri juga dimaksudkan untuk mencari pemenang lomba yang akan menjadi perwakilan pada lomba serupa di tingkat nasional," kata Ketua Panitia sekaligus Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram Taufik Priyono di Mataram, Senin.

Ia mengatakan sebanyak 162 ASN tersebut mengikuti tiga cabang yang dilombakan yakni cabang tartil, tilawah, dan azan.

Baca juga: Puluhan ASN ikuti STQ Korpri tingkat Kota Mataram

Kegiatan STQ Korpri berlangsung selama pada 21-23 Oktober 2024, di halaman Kantor Wali Kota Mataram dan dibuka langsung oleh Pjs Wali Kota Mataram Tri Budiprayitno.

Jumlah peserta dalam kegiatan lomba STQ Kopri melibatkan semua ASN pada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Mataram, termasuk kecamatan dan kelurahan.

"Kami sengaja buka cabang azan agar setiap OPD minimal ikut lomba azan dan Alhamdulillah jumlah peserta mencapai 69 orang," katanya.

Baca juga: Pemkot Mataram membuka cabang lomba hafalan hadis dalam STQ

Untuk memotivasi ASN agar ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu, panitia menyiapkan total hadiah uang tunai sebesar Rp150 juta untuk para pemenang tiga cabang mata lomba.

Juara satu disiapkan hadiah uang tunai Rp10 juta, kemudian juara dua Rp7,5 juta, dan juara tiga Rp5 juta. Selain itu, juga ada juara harapan satu, dua, dan tiga.

"Total hadiah yang kami siapkan Rp150 juta, termasuk untuk piagam dan tropi," katanya.

Baca juga: Pemkot lepas peserta STQ xxv tingkat NTB

Setelah ada pemenang, lanjutnya, juara cabang tartil, tilawah, dan azan, yang akan dikirim ke tingkat nasional hanya untuk cabang tilawah dan tartil.

"Di tingkat nasional ada sembilan cabang dilombakan, tapi kami tidak mengirim juara azan," katanya.

 

Pewarta : Nirkomala
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024