Singaraja, Bali (ANTARA) - Akademisi Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja, Bali, Dr. I Putu Mardika, S.Pd., M.Si menilai bahwa Desa Bali Aga atau desa tua di Pulau Dewata bagian utara memiliki berbagai jenis tradisi yang adiluhung.
 
"Hasil penelitian saya di Desa Bali Aga bahwa banyak hal-hal yang menarik dan sangat esensial dalam pewarisan budaya untuk generasi mendatang," kata Putu Mardika di Singaraja, Bali, Rabu.
       
Ia menjelaskan keberadaan Desa Bali Aga di daerah itu menjadi yang terbanyak di Bali, kendatipun demikian tidak banyak juga masyarakat Buleleng yang mengetahui bagaimana kehidupan keseharian, tradisi dan budaya masyarakat Bali Aga. 
      
Mardika juga mengungkapkan, pengalamannya mengenai pola kehidupan, seni, tradisi dan budaya akan dijelaskan berdasarkan hasil risetnya dan beberapa ilmuwan yang pernah melakukan riset di Desa Bali Aga lainnya.
     
Putu Mardika menerangkan, di Buleleng terdapat tujuh Desa Bali Aga, yakni Desa Sidetapa, Desa Cempaga, Desa Tigawasa, Desa Desa Pedawa, dan Desa Banyuseri yang ada di Kecamatan Banjar, kemudian Desa Sembiran dan Desa Julah di Kecamatan Tejakula. 
 
Secara umum dijelaskan, masyarakat Bali Aga itu pada dasarnya sangat kental akan adat, tradisi dan budaya serta sangat disiplin menjalankan aturan hukum secara niskala.  Karakteristik Bali Aga dalam hal keagamaan tidak melakukan konsultasi kepada Sulinggih, melainkan kepada “Balian Desa” ketika akan melaksanakan suatu upacara. 
     
“Mereka, (masyarakat Bali Aga), dalam upacara Pitra Yadnya atau kematian, tidak mengkremasi atau membakar layon melainkan dikubur. Dalam tata adat pun mereka mengenal strata sosial berdasarkan senioritas. Memang secara mendasar tata ritual berbeda dengan masyarakat Hindu pada umumnya,” terang Putu Mardika.

Baca juga: Program MBG presiden terpilih angin segar peternak mandiri
     
Berdasarkan riset yang pernah dilakukan di Desa Julah, Putu Mardika mengaku sangat kagum akan keberagaman Bali Aga di Buleleng yang membaur damai dengan masyarakat umum, baik lokal Buleleng maupun tamu mancanegara. 
 
Dia menyebutkan masyarakat Desa Julah sangat setia menjalankan tradisi leluhur dalam kesehariannya, namun tidak menutup diri terhadap perkembangan era globalisasi yang serba digital. Dahulu masyarakat Julah hanya bekerja di dalam wilayah desa saja, sekarang sudah menyebar ke luar desa, luar kabupaten bahkan banyak yang bekerja di luar negeri. 
      
Namun demikian, Putu Mardika menambahkan pada saatnya nanti para pekerja itu akan kembali lagi ke desa tanpa meninggalkan sedikitpun tradisi dan budayanya. 
     
“Julah ini sangat kental, biasanya kita temukan canang sari kan cantik tampilannya dengan berbagai warna bunga yang ditata. Bali Aga Desa Julah berbeda, canangsari mereka berisikan buah pinang, sirih, dan daun intaran sebagai sarana sembahyang. Jika habis sembahyang pada umumnya kita sematkan bunga di telinga, kalau mereka menggunakan daun intaran,” kata Putu Mardika.
       
Hubungan erat masyarakat Bali Aga terhadap sesama, lingkungan dan Tuhan sudah menjadi pakem atau komitmen turun temurun dari leluhur dahulu kala, sehingga bilamana melanggar atau menyimpang tanpa sengaja akan mendapat konsekuensi dari adat. 

Baca juga: Akademisi UIN Mataram nilai Pilkada NTB kian matang
      
Putu Mardika menilai, tradisi dan budaya Bali Aga adalah bentuk keberagaman hidup bersama bukan diseragamkan untuk dapat hidup bersama. 
 
Terkait itu, pihaknya berharap seluruh pemangku kepentingan, baik itu masyarakat Bali Aga itu sendiri bersama pemerintah wajib melestarikan tradisi dan budaya kepada generasi muda agar ke depannya tidak punah seperti tradisi-tradisi lain yang secara perlahan mulai hilang di gempur perkembangan jaman. 
     
“Banyak hal yang menjadi warisan leluhur kita sudah mulai punah oleh generasi muda. Contoh paling kecil itu adalah kata, banyak istilah-istilah warisan orang tua kita dulu yang sudah dilupakan, bahkan memang tidak diketahui generasi muda. Seperti kosa kata gauk, kiskis dan lampit. Kata-kata akan punah jika tidak terus digunakan,” ujarnya.
    

Pewarta : IMBA Purnomo/Rolandus Nampu
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024