Mataram (ANTARA) - Pelepasan ratusan balon sebagai tanda peringanan bulan kesadaran kanker payudara 2024 yang diperingati setiap bulan Oktober, dalam kegiatan senam bersama memperingati bulan kesadaran kanker payudara di lapangan Sangkareang, Kota Mataram, Minggu (27/10-2024). ANTARA/Nirkomala

Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) Provinsi Nusa Tenggara Barat, menggelar kegiatan senam bersama memperingati bulan kesadaran kanker payudara tahun 2024, di lapangan Sangkareang, Kota Mataram.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 4.000 peserta yang berasal dari kader posyandu, komunitas olahraga senam lingkungan, majelis taklim, organisasi wanita, siswa sekolah, serta masyarakat umum, berlangsung di Lapangan Sangkareang Kota Mataram, Minggu.

Ketua Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) Provinsi Nusa Tenggara Barat Hj ND Kinnastri Mohan Roliskana dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran bagi kaum perempuan, terhadap pentingnya deteksi dini kanker payudara.

"Karena sering kali ibu-ibu suka mengabaikan perihal kesehatan pribadi sendiri," katanya.

Baca juga: Kinnastri dilantik jadi Ketua Perwosi NTB

Oleh karena itu, hari ini ibu-ibu diimbau menyempatkan diri melakukan pemeriksaan kesehatan pada layanan yang sudah disiapkan secara gratis.

Pemeriksaan kesehatan yang disiapkan dalam kegiatan itu antara lain untuk cek tekanan darah, gula darah, kolesterol, serta tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA ) untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin, dan tes kanker payudara, dan kesehatan lainnya.

Terkait dengan itu, Kinnastri meminta para ibu-ibu yang hadir agar memanfaatkan kesempatan itu sebaik-baiknya sebab selama ini ibu-ibu banyak mengurus warga di sekitarnya.

"Khusus hari ini ibu-ibu pikirkan diri sendiri. Kalau ibu sehat, maka keluarga dan warga di sekitarnya juga sehat," katanya.

Lebih jauh Kinnastri mengatakan, kegiatan senam bersama memperingati bulan kesadaran kanker payudara tersebut digelar untuk para kader, ibu-ibu, dan komunitas perempuan di Kota Mataram.

Baca juga: Dokter tekankan pentingnya kesadaran kanker

Kegiatan senam bersama dirangkaikan dengan cek kesehatan gratis, edukasi kanker, hiburan, dan pembagian doorprize dan ditutup dengan pelepasan ratusan balon sebagai tanda peringanan bulan kesadaran kanker payudara 2024 yang diperingati setiap bulan Oktober.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pjs Wali Kota Mataram Tri Budiprayitno, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr H Emirald Isfihan, Ketua DPRD Kota Mataram, sejumlah pimpinan organisasi wanita, serta sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kota Mataram.

Sementara Pjs Wali Kota Mataram Tri Budiprayitno dalam kesempatan itu, mengingatkan para kaum perempuan untuk melakukan sadari (periksa payudara sendiri) untuk mengantisipasi kanker payudara.

"Mari perangi kanker payudara, dan jangan lupa rutin berolahraga agar selalu sehat dan bahagia," katanya menutup.
 
Baca juga: Perlunya dukungan orang terdekat terdiagnosa kanker payudara

Pewarta : Nirkomala
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024