400 MAHASISWA NTB IKUT SELEKSI OSN PTI

id

     Mataram (ANTARA) - Sebanyak 400 mahasiswa se-Nusa Tenggara Barat mengikuti seleksi Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Indonesia 2010 di Universitas Mataram, Senin.

     Olimpiade Sains Nasional (OSN) Perguruan Tinggi Indonesia (PTI) 2010 didanai oleh PT Pertamina dan diselenggarakan bekerja sama dengan Universitas Indonesia dan beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang menjadi mitra PT Pertamina.

     Ketua Panitia OSN PTI 2010 wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) Prof. I Made Sudarma mengatakan sebanyak 400 mahasiswa NTB yang ikut seleksi berasal dari beberapa perguruan tinggi di NTB, yakni Universitas Mataram (Unram) dan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Mataram.

     Selanjutnya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hamzanwadi Nahdlatul Wathan (NW) Pancor Lombok Timur, dan Fakultas Kegururan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) NW Mataram.

     "Tetapi dari keseluruhan peserta, 90 persennya berasal dari dua fakultas di Unram, yaitu FKIP serta Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)," katanya.

     Ratusan mahasiswa yang mengikuti seleksi tersebut, kata dia,  terdiri atas bidang kimia sebanyak 133 orang, fisika 95 orang, matematika 96 orang dan bidang biologi 76 orang.

     Menurut dia, jumlah peserta seleksi OSN PTI 2010 meningkat  dibandingkan tahun lalu yang mencapai 340 orang.

     "Peningkatan itu mungkin disebabkan makin meningkatnya minat mahasiswa di daerah ini untuk ikut bersaing menjadi wakil NTB pada OSN PTI tingkat nasional," katanya.

     Sudarma yang juga Dekan Fakultas MIPA Unram menambahkan seleksi kali ini merupakan seleksi tahap pertama yang akan menetapkan sembilan orang peserta untuk masing-masing bidang.

     Sembilan orang yang terjaring akan mengikuti seleksi tahap kedua pada 7 Oktober 2010, untuk menentukan peringkat 1, 2 dan 3, sekaligus menentukan siapa mahasiswa yang berhak mewakili NTB ke OSN PTI tingkat nasional  di Jakarta pada November 2010.

     "Masing-masing bidang akan diambil  juara satu saja untuk mewakili NTB. Makanya kami melakukan penyaringan hingga dua tahap agar mahasiswa yang mewakili NTB benar-benar memiliki kemampuan," katanya.

     Sudarma berharap mahasiswa yang berhasil mewakili NTB pada OSN PTI tingkat nasional mampu memberikan prestasi terbaik, karena selama ini NTB belum pernah memperoleh medali dari lomba ilmiah itu.(*)