LUNA MAYA PALING DICARI DI YAHOO!

id

     Jakarta (ANTARA) - Artis Luna Maya menjadi yang tertinggi pada daftar pencarian Yahoo! tahun 2010 mengungguli berita gempa bumi dan duo Shinta dan Jojo yang terkenal di Youtube.
    Yahoo! Inc Kamis (2/12) mengumumkan program "Year in Review 2010" (http://yearinreview.yahoo.co.id), laporan tahunan yang memaparkan tren utama dari hasil pencarian miliaran pengguna.
    Laporan itu termasuk artikel serta topik hangat sepanjang tahun di seluruh jaringan Yahoo! di Indonesia. Program "Year in Review" adalah cara yang unik untuk melihat minat masyarakat Indonesia dan tren masyarakat.
    Tahun ini, mesin pencarian online Yahoo! di Indonesia didominasi oleh berita seputar selebritis dan pejabat pemerintahan, sebagian besar berhubungan dengan isu pribadi dan kasus hukum.
    Bencana alam yang baru-baru ini terjadi di Indonesia juga mendapatkan perhatian yang cukup besar sehingga masuk dalam daftar pencarian tertinggi.
    Luna menduduki peringkat tertinggi karena dirinya baru-baru ini terlibat skandal seks yang juga melibatkan kekasihnya, Ariel Peterpan, musisi lokal. Masih seputar kabar dari kalangan selebritis, kehidupan pernikahan Krisdayanti dan Pasha Ungu juga menjadi topik diskusi hangat.
    Tren pencarian menunjukkan bahwa orang Indonesia ingin tetap ter-update dan mengetahui perkembangan seputar bencana alam. Sebagian besar pencarian mencakup lokasi tempat gempa bumi, kapan hal tersebut terjadi, skalanya, dampak dan bagaimana perkembangan evakuasimenjadi pusat perhatian publik.
    Sepuluh daftar di Year in Review juga mencatat perjalanan perempuan paling berpengaruh dan berkuasa di Indonesia yakni Sri Mulyani yang merupakan mantan Menteri Keuangan. Diikuti kasus-kasus korupsi yang turut membawa nama Gayus Tambunan dan Anggodo Widjojo ke permukaan.
    "Pada 2010 pusat perhatian para konsumen dipenuhi dengan berita-berita seputar romantisme dan hiburan. Pasangan kontroversial Luna Maya dan Ariel Peterpan secara bersamaan mengangkat peningkatan volume trafik dan pembicaraan publik secara besar-besaran," jelas Budi Putra, Country Editor Yahoo! Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Kamis (2/12).
    "Dan tidak ada yang dapat menghentikan cepatnya kenaikan akibat kegemparan yang dibawa oleh Shinta dan Jojo dengan penampilan 'lip-synch' mereka menyanyikan 'Keong Racun'."


Berikut 10 tertinggi hal yang paling dicari di Yahoo! Indonesia tahun 2010:


Luna Maya
Gempa Bumi
Keong Racun
Ariel Peterpan
Krisdayanti
Sri Mulyani
Badai Matahari
Gayus Tambunan
Pasha Ungu
Anggodo Widjojo

(*)