POLDA NTB SEGERA GELAR OPERASI LILIN RINTAM

id



          Mataram, 22/12 (ANTARA) - Aparat Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat segera menggelar pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru dengan sandi Operasi Lilin Rinjani Tambora 2010.

         Kepala Sub Bidang Publikasi Bidang Humas Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) AKP Lalu Wirajaya, di Mataram, Rabu, mengatakan, gelar pasukan untuk Operasi Lilin Rinjani Tambora (Rintam) 2010 dijadwalkan Kamis (23/12) pukul 16.00 Wita.

         "Berbagai kesiapan telah ditempuh dan besok mulai ada pengamanan ketat terkait perayaan Natal dan Tahun Baru 2011," ujarnya.    
    Operasi Lilin Rintam 2010 itu, kata Wirajaya, akan berlangsung selama 10 hari, terhitung 24 Desember 2010 hingga 2 Januari 2011, yang akan melibatkan ribuan personil terpadu baik kepolisian, TNI dan perindungan masyarakat (linmas).

         Jumlah personil pengamanan terpadu perayaan Natal dan Tahun Baru 2011 itu relatif sama dengan tahun sebelumnya yang mencapai  2.129 orang baik dari kepolisian, TNI dan linmas di wilayah NTB.  
    Dari 2.129 personil terpadu itu, sebanyak 1.924 orang diantaranya merupakan personil polri di jajaran Polda NTB beserta polres dan polsek.

         Khusus personil polri, dalam Operasi Lilin Rintam itu fungsi Samapta dan Satuan Lalu Lintas lebih dikedepankan, dengan sasaran utama mewujudkan rasa aman dan damai bagi masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru serta warga yang hendak berekreasi di berbagai obyek wisata.

         Diyakini setiap perayaan Natal dan Tahun Baru terjadi peningkatan aktivitas masyarakat sehingga perlu dilakukan serangkaian kegiatan pengamanan terpadu.

         "Seperti biasa, pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru selalu melibatkan aparat terpadu, agar penanganan masalahnya pun terpadu," ujarnya.

         Mengenai target pengamanan, Wirajaya mengatakan, lebih mengarah kepada terwujudnya rasa aman dan nyaman baik saat melaksanakan kegiatan beribadah maupun berwisata serta keamanan wilayah permukiman yang ditinggal penghuninya.

         Target lainnya yakni terwujudnya keamanan, ketertiban dan kelancaran serta keselamatan lalu lintas baik moda darat, laut dan udara.

         Selain itu, keamanan dan kelancaran distribusi bahan kebutuhan pokok harus tetap terjamin, pasokan BBM dan listrik pun demikian sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran masyarakat.

         "Untuk mencapai target tersebut, diperlukan keseriusan semua pihak dalam pelaksanaan Operasi Lilin Rintam 2010 itu. Tentu langkah-langkah antisipasi dan peningkatan kewaspadaan mutlak diperlukan," ujarnya.(*)