UMKM binaan PLN di NTB masih bertahan di tengah pandemi

id PLN UIP Nusra,Thousand Mosque Coffee,UMKM Binaan PLN

UMKM binaan PLN di NTB masih bertahan di tengah pandemi

Thousand Mosque Coffee binaan PLN UIP Nusra tetap ramai dikunjungi pelanggan. (ANTARA/HO/PLN)

Mataram (ANTARA) - Kedai Toms Ngupi atau Thousand Mosque Coffee yang beralamatkan di Jalan Aneka 1 Nomor 1 Kota Mataram Nusa Tenggara Barat merupakan usaha mikro kecil dan menengah binaan PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra).

Ketua kelompok UMKM Agus mengatakan kelompoknya sangat bersyukur mendapatkan kesempatan menjadi mitra binaaan PLN Peduli.

"Kami awalnya diberi pelatihan, peralatan pada 2018 sampai dengan diuruskan izin halal dan izin produksi, mengikuti acara pameran di Surabaya pada 2019 dan pameran UMKM virtual yang diadakan pada Desember 2020," ujarnya.

UMKM Thousand Mosque Coffee yang bergerak di bidang biji kopi telah didampingi oleh PLN sejak 2018, dan pada 2020 UMKM tersebut mendapatkan kesempatan mengikuti program UMKM Naik Kelas.

"Program UMKM Naik Kelas yang kami berikan berupa perpanjangan sertifikat halal, pelatihan barista, penambahan alat produksi, dan renovasi tempat jualan" kata Manager Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Nusra Bondan.

Pada Maret 2021, PLN juga memberikan promo khusus pelaku UMKM untuk tambah daya

"Kami ingin memberikan ruang lebih besar kepada para pelanggan UMKM dari Sabang sampai Merauke untuk bisa meningkatkan bisnisnya dengan layanan tambah daya yang super murah ini," ucap Bondan

Adapun langkah yang dapat dipilih yaitu:

1. Pilih menu layanan listrik tambah daya.
2. Pilih IDPel, lalu lengkapi data pemohon.
3. Masukan daya pilihan akhir.
4. Masukan voucher yang telah didapatkan, maka secara otomatis diskon akan didapatkan.
5. Submit permohonan dan selanjutnya pelanggan akan mendapatkan instruksi untuk melakukan pembayaran.

"Silakan bagi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan program ini dengan sebaik baiknya. Program berakhir 30 April 2021", kata Bondan.