Pierson pebalap termuda di Le Mans 24 Hours

id le mans 24 hours,josh pierson,wec

Pierson pebalap termuda di Le Mans 24 Hours

Pebalap Prancis Olivier Pla mengendarai Glickenhaus 007 Hypercar WEC saat sesi latihan kualifikasi pertama ajang Le Mans 24 Hours di Le Mans, Prancis. (8/6/2022) (ANTARA/AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER)

Jakarta (ANTARA) - Josh Pierson akan membuat sejarah pada Sabtu sebagai pebalap termuda di ajang balap ketahanan 24 Hours of Le Mans yang telah eksis hampir satu abad. Pierson akan berusia 16 tahun dan 118 hari saat balapan start di Sirkuit La Sarthe di barat laut Prancis itu, atau 84 hari lebih muda dari kompatriotnya Matt McMurry yang mencetak rekor di sana pada 2014.

"Senang rasanya mengikuti ajang bersejarah ini dan mengetahui bahwa apapun yang terjadi saya akan menjadi bagian dari sejarah itu," kata pria asal Oregon itu kepada Reuters menjelang edisi ke-90 balapan yang pertama kali digelar pada Mei 1923 tersebut.

Pierson membalap di kelas kedua pada kategori LMP2 untuk tim United Autosports yang didirikan serta dimiliki bersama oleh bos tim McLaren F1 Zak Brown.

Rekan satu timnya di mobil Oreca 07-Gibson bernomor 23 adalah pebalap Inggris Oliver Jarvis, yang tahun ini memenangi 24 Hours of Daytona dan Le Mans LMP2 pada 2017, dan pebalap Formula E Alex Lynn.

Pierson telah menjadi pemenang termuda di kejuaraan ketahanan dunia WEC setelah meraih kemenangan kelas LMP2 bersama Jarvis dan mantan pebalap F1 Paul di Resta di balapan 1.000 miles of Sebring pada Maret lalu. Pebalap asal Amerika Serikat itu memulai balapan karting pada usia dua tahun tapi tak memiliki latar belakang keluarga pebalap.

Baca juga: Pebalap Bagnaia juarai GP Italia