Astrabi bentuk Korwil di Spanyol dan Chile

id ASTRABI,Pencak Silat Betawi,Budaya Pencak Silat Betawi

Astrabi bentuk Korwil di Spanyol dan Chile

Ketua Dewan Pembina Asosiasi Pencak Silat Tradisi Betawi Indonesia (Astrabi), Marullah Matali (kanan) menandatangani dokumen kepengurusan Astrabi periode 2022-2026 di Jakarta, Minggu (12/6/2022). (ANTARA/HO-ASTRABI)

Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Pencak Silat Tradisi Betawi Indonesia (Astrabi) segera membentuk kepengurusan Koordinator Wilayah (Korwil) Internasional di Spanyol dan Serena Chile, Amerika selatan.

Ketua Dewan Pembina Astrabi, Marullah Matali melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, mengatakan organisasi budaya tradisi Betawi itu harus menyemarakkan panji di Indonesia bahkan dunia internasional, seperti Ikatan Pencak Silat Indonesia.

Pada kesempatan itu, Marullah sempat mengukuhkan kepengurusan Astrabi terpilih dengan masa bakti 2022-2027. Kepengurusan Astrabi juga terdapat koordinator wilayah pada lima wilayah kota Jakarta dan Kepulauan Seribu, serta Korwil Bekasi, Depok, Bogor dan Tangerang.

Kemudian, Korwil Internasional di Kota Antofagasta, Chile, Amerika selatan, serta segera dibentuk kepengurusan di Spanyol dan kota lain di Chile.

Marullah yang juga Sekda Provinsi DKI Jakarta itu menjelaskan Astrabi harus menarik minat masyarakat terutama di wilayah DKI Jakarta yang terdiri dari 44 kecamatan, 267 kelurahan, 6.000 Rukun Warga (RW), dan sekitar 30.000 Rukun Tetangga (RT).

Baca juga: Delapan perguruan pencak silat di NTB gelar latihan tanding