Talenta digital tetap humanis manfaatkan digitalisasi

id Talenta Digital Indonesia, Digital Talent Scholarship, Digital Leadership Academy, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernu

Talenta digital tetap humanis manfaatkan digitalisasi

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di acara peresmian Gedung Tokopedia Care Yogyakarta di Sleman City Hall, Rabu (15/6/2022). (ANTARA/Livia Kristianti)

Yogyakarta (ANTARA) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengingatkan para talenta digital agar tetap bisa tetap menjaga sisi humanis di tengah masifnya adaptasi teknologi digital yang serba canggih.

Menurut dia, para talenta digital sebaiknya tidak meninggalkan kultur dan rasa kemanusiaan yang menjadi akar dan tradisi dari masyarakat Indonesia. "Ini memang proses yang harus dijalani dan tidak perlu takut dan khawatir. Kita memang harus membuka diri pada digitalisasi dan teknologi, bukan memasang tembok tebal di depan muka kita. Namun kita harus melihatnya sebagai cara untuk bertahan bukan hancur karena itu," kata Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam konferensi pers di Sleman City Hall, Rabu.

Pandemi COVID-19 memang menjadi salah satu katalis yang mempercepat momentum transformasi digital tidak hanya di Indonesia namun juga secara global. Kini hampir seluruh masyarakat dunia mau tidak mau harus terampil dalam memanfaatkan perangkat teknologi dan pengembangan digital lainnya agar bisa bertahan dan tetap produktif.

Namun di tengah adopsi teknologi yang masif itu, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengharapkan agar talenta digital Indonesia tidak kehilangan sentuhan humanis insan manusia sebagai makhluk sosial.

Talenta digital di Indonesia harus bisa secara bijak memanfaatkan teknologi digital dan momentum transformasi digital dengan mempertahankan akar budaya di Tanah Air.

Baca juga: Pemerintah perkuat ekosistem teknologi melalui MoU dengan Microsoft
Baca juga: Transformasi digital berikan layanan kesehatan efektif