Indonesia Makin Cakap Digital 2022 balut literasi digital

id GLDN, Siberkreasi 2022, Indonesia Makin Cakap Digital 2022, Merry Riana, Yosi Makalu, talenta digital, Transformasi digi

Indonesia Makin Cakap Digital 2022 balut literasi digital

Acara bincang literasi digital dalam "Indonesia Makin Cakap Digital" 2022 di Jakarta International Stadium Jakarta Utara, Sabtu (27/8/2022). (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Gerakan Nasional Literasi Digital (GLDN), Siberkreasi, menghadirkan literasi digital secara luring dibalut dengan hiburan dalam ajang Indonesia Makin Cakap Digital (IMDC) 2022 yang terselenggara di Jakarta International Stadium (JIS). 

Acara tersebut menghadirkan dua sesi bincang-bincang bersama para ahli teknologi, praktisi, serta profesional yang bergerak aktif di ruang digital untuk memberikan pengetahuan mengenai pilar-pilar literasi dalam mendukung transformasi digital.

"Literasi digital itu tidak harus selalu serius lewat webinar atau seminar, bisa juga kemasannya seperti ini. Ada hiburan dengan konser musik serta hadiah-hadiah, juga di dalamnya kita sambil belajar mengenai kecakapan digital. Ini semua menyenangkan selain terhibur kita bisa punya bekal untuk memiliki kecakapan digital," kata Ketua GLDN Siberkreasi Yosi Mokalu saat membuka acara "Indonesia Makin Cakap Digital 2022" di JIS Jakarta Utara, Sabtu.

Lebih lanjut, Yosi menyebutkan pemberian literasi digital lewat IMDC 2022 yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) itu menjadi salah satu langkah untuk menyiapkan sumber daya manusia di Indonesia bisa memanfaatkan ruang digital dengan baik.

Ia memberikan contoh secara sosial di dunia nyata, Indonesia dikenal dengan keramahannya, bahkan secara wilayah Indonesia menyabet predikat negara terindah di dunia versi Forbes. Yosi mengharapkan agar di ruang digital predikat positif mengenai Indonesia juga bisa diraih dan bukan sebaliknya.
 
Ketua Gerakan Literasi Digital Nasional Siberkreasi Yosi Mokalu membuka "Indonesia Makin Cakap Digital" 2022 di Jakarta International Stadium Jakarta Utara, Sabtu (27/8/2022). (ANTARA/Livia Kristianti)


Pria yang juga tergabung dalam grup musik Project Pop itu menyebutkan IMDC 2022 sebagai bagian gerakan literasi digital juga mengambil peranan penting mendukung ekosistem digital di Tanah Air bisa berjalan optimal

Pemberian edukasi mengenai keterampilan digital harus berjalan beriringan dengan langkah Pemerintah menyiapkan infrastruktur layanan komunikasi digital bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Jadi ketika infrastrukturnya selesai, semua masyarakat Indonesia bisa merasakan internet dengan akses merata. Tidak cuma itu kita menjadi semakin lebih kuat di ruang digital karena semuanya siap sedia untuk menghadirkan konten-konten positif," ujar Yosi.

Baca juga: Kemajuan dunia digital selamatkan usaha kecil selama COVID-19
Baca juga: Peran OJK dalam edukasi keuangan meningkat signifikan


Adapun dua sesi bincang untuk literasi digital itu membahas "Berkreasi Menarik dan Inovatif di Era Digital” yang diisi narasumber yaitu Yosi sebagai Ketua Siberkreasi, Onno W.Purbo sebagai Pakar Teknologi dan Informasi, Andi Nadia Aisyah dan Dims The Meat Guy sebagai kreator konten di ruang digital.
 

Selanjutnya untuk sesi literasi digital kedua bertajuk "Personal Branding di Era Digital" yang diisi oleh Pengusaha sekaligus motivator Merry Riana, Bella Pangabean sebagai sinematografer, serta pemengaruh Okky Alparessi. Konser musik dalam acara ini dimeriahkan oleh Maliq and D'Essentials serta grup idola JKT48.