Saham global terangkat "rebound" minyak

id saham global,indeks MSCI dunia,indeks MSCI Asia,indeks Nikkei,indeks KOSPI,indeks CSI300,indeks dolar AS

Saham global terangkat "rebound" minyak

Ilustrasi - Miniatur pompa sumur minyak cetak 3D terlihat di depan grafik stok yang ditampilkan dan logo OPEC (14/4/2020). ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic/aa.

London/Sydney (ANTARA) - Rebound harga minyak di tengah kekhawatiran pasokan yang ketat membuat pasar saham global terangkat pada perdagangan Senin, dalam sesi yang terpukul hari libur AS untuk memperingati Hari Kemerdekaan.

Minyak mendapat penangguhan hukuman karena produksi yang lebih rendah dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), kerusuhan di Libya dan sanksi terhadap Rusia melebihi kekhawatiran resesi global.

"Fundamental minyak tetap mendukung," kata Warren Patterson, kepala penelitian komoditas di ING. "Jelas OPEC masih berjuang untuk mencapai tingkat produksi yang disepakati," katanya menambahkan.

Baca juga: Ditengah ketidakpastian permintaan global, harga minyak bervariasi

Produksi dari 10 anggota OPEC pada Juni turun 100.000 barel per hari (bph) menjadi 28,52 juta barel per hari, dari peningkatan yang dijanjikan sekitar 275.000 barel per hari, survei Reuters menunjukkan pada Jumat (1/7/2022).

Minyak mentah Brent stabil di 111,59 dolar AS per barel, sementara minyak mentah AS turun 12 sen menjadi 108,32 dolar AS per barel. Keduanya jatuh lebih dari satu dolar di awal perdagangan.

Indeks ekuitas MSCI dunia naik 0,25 persen dan indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang menguat 0,14 peren, setelah jatuh 1,8 persen minggu lalu. Ekuitas global mencapai posisi terendah 18-bulan bulan lalu di tengah kecemasan tentang kenaikan inflasi dan suku bunga, tetapi sejak itu membuat keuntungan kecil.

"Beberapa pasar mulai menemukan pijakannya tetapi ada banyak volatilitas saat ini," kata Sebastien Galy, ahli strategi makro senior di Nordea Asset Management, menunjuk pada risiko dari rilis data penggajian non-pertanian utama AS akhir pekan ini.

Baca juga: Harga minyak bangkit ditopang ke penguatan pasar saham

Saham-saham Eropa menguat 0,7 persen dan FTSE Inggris naik lebih dari 1,0 persen, dibantu oleh keuntungan di perusahaan minyak dan gas.

Saham-saham unggulan China, indeks CSI300, ditutup 0,7 persen lebih tinggi, didorong oleh lonjakan 4,65 persen pada saham perawatan kesehatan China. Kota-kota di China timur memperketat pembatasan COVID-19 pada Minggu (3/7/2022) di tengah klaster virus corona baru.

Nikkei Jepang ditutup bertambah 0,84 persen, meskipun indeks KOSPI Korea Selatan berakhir turun 0,22 persen.

Namun, S&P 500 berjangka AS dan Nasdaq berjangka masing-masing turun 0,7 persen dan 0,8 persen, karena data AS baru-baru ini menunjukkan risiko penurunan untuk laporan penggajian Juni minggu ini. Pasar saham AS ditutup pada Senin untuk libur Hari Kemerdekaan.

Perkiraan PDB Federal Reserve Atlanta yang banyak diawasi turun ke -2,1 persen secara tahunan untuk kuartal kedua, menyiratkan negara itu sudah dalam resesi teknis.

Laporan penggajian pada Jumat (8/7/2022) diperkirakan menunjukkan pertumbuhan pekerjaan melambat menjadi 270.000 pada Juni, dengan pendapatan rata-rata melambat menjadi 5,0 persen.

Namun, risalah pertemuan kebijakan Fed Juni pada Rabu (6/7/2022) diperkirakan akan terdengar hawkish, mengingat komite memilih untuk menaikkan suku sebesar 75 basis poin.

Pasar memperkirakan peluang sekitar 85 persen untuk kenaikan lain sebesar 75 basis poin bulan ini dan suku bunga pada 3,25-3,5 persen pada akhir tahun.

"Tetapi pasar juga telah bergerak memperkirakan profil penurunan suku bunga yang semakin agresif untuk The Fed hingga 2023 dan 2024, konsisten dengan peluang resesi yang semakin besar," kata analis di NAB. Sekitar 60 basis poin dari pemotongan Fed sekarang diperkirakan untuk 2023."

Pasar obligasi pemerintah AS tutup tetapi pasar berjangka memperpanjang kenaikannya, menyiratkan imbal hasil 10-tahun bertahan di sekitar 2,88 persen setelah jatuh 61 basis poin dari puncak Juni.

Imbal hasil obligasi pemerintah Jerman 10-tahun, patokan untuk zona euro, menguat 5 basis poin menjadi 1,276 persen setelah jatuh pekan lalu karena investor bergegas ke obligasi safe-haven. Imbal hasil obligasi bergerak berbanding terbalik dengan harga.

Dalam mata uang, permintaan investor untuk pelabuhan aman yang paling likuid cenderung menguntungkan dolar AS, yang stabil di dekat level tertinggi dua dekade terhadap sekeranjang pesaingnya di 105,09.

Euro datar di 1,0425 dolar, tidak jauh dari palung lima tahun terakhir di 1,0349 dolar. Bank Sentral Eropa diperkirakan akan menaikkan suku bunga bulan ini untuk pertama kalinya dalam satu dekade, dan euro bisa naik jika memutuskan langkah setengah poin yang lebih agresif. Yen Jepang juga menarik arus safe haven akhir pekan lalu, menyeret dolar kembali ke 135,38 yen dari puncak 24 tahun di 137,01, meskipun naik 0,18 persen hari ini.

Dolar yang tinggi dan kenaikan suku bunga tidak menguntungkan bagi emas yang tidak memberikan imbal hasil, yang diperdagangkan pada 1.808 dolar AS per ounce, turun 0,13 persen setelah mencapai level terendah enam bulan di 1.784 dolar AS minggu lalu.