Sandiaga sebut Pengusaha muda jangan takut gagal

id Sidoarjo, Sandiaga Uno,Menparekraf

Sandiaga sebut Pengusaha muda jangan takut gagal

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno (tenga) saat melakukan dialog dengan pengusaha di Kabupaten Sidoarjo, Jumat (2/9). ANTARA / Indra Setiawan.

Sidoarjo  (ANTARA) -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan untuk menjadi sukses maka pengusaha muda jangan takut gagal karena gagal itu anak tangga menuju sukses.

"Mau jadi pengusaha muda harus mau gagal karena kegagalan itu jadi anak tangga menuju sukses," kata Sandiaga Uno saat melakukan dialog jadi pengusaha usia muda di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat.

Ia mengatakan, kalau mau menjadi pengusaha harus punya resep kegagalan. Kesuksesan itu sinonimnya kegagalan yang harus dilewati. "Yang ditakutkan biasanya produk tidak laku. Padahal, itu adalah cara untuk menemukan perbaiki produk," ujarnya.

Ia mendorong, menjadi pengusaha itu pengontrol usaha menjadi nakhoda dari usaha sendiri. "Saya dulu baru usaha dengan tiga karyawan, kini bisa berkembang menjadi 30 ribu karyawan," ujarnya.

Ia mengatakan, menjadi pengusaha juga harus berani ambil risiko semua usaha dan selalu inovatif serta harus proaktif. "Dengan bersinergi pengusaha muda bisa menciptakan lapangan kerja baru," ujarnya. Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno mendorong kepada pelaku ekonomi kreatif untuk siap go-digital.

Baca juga: Kemenparekraf minta tambahan anggaran Rp4,19 triliun
Baca juga: Kemenparekraf-Privy beri 100 kursi tunggu ke bandara Ngurah Rai


"Kita terus meningkatkan jumlah pelaku ekonomi kreatif untuk siap go-digital. Ditargetkan ada 20 juta UMKM yang terdigitalisasi di akhir 2023 dan onboarding di platform e-commerce, agar produk ekonomi kreatif Indonesia tidak hanya bisa Go-Nasional tapi juga Go-Internasional," katanya di sela kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Kabupaten Sidoarjo.

Ia mengajak kepada pelaku ekonomi kreatif bergandengan tangan untuk menghadapi tantangan di depan mata. "Kita lanjutkan perkembangan Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang telah membuat banyak kemajuan, untuk ciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan bangun kondisi sosio ekonomi masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, AKI menjadi salah satu program pengembangan ekonomi kreatif dan berhasil. Itu terbukti pada penyelenggaraannya AKI yang pertama di tahun 2021 lalu di mana pelaku ekonomi yang ikut dalam AKI 2021 dapat bangkit sampai hari ini.


"Di tahun 2021 sudah membuktikan peningkatan omset dari para pelaku ekonomi kreatif dan sudah banyak yang bertemu dengan investor. Tadi waktu saya kunjungi stan pameran ternyata sudah banyak yang mendapatkan pendanaan dari investor untuk usahanya," ucapnya.