Cegah stunting, Desa Ubung luncurkan Program "Pang Gizi"

id Stunting,Pang Gizi

Cegah stunting, Desa Ubung luncurkan Program "Pang Gizi"

Sejumlah kegiatan Posyando (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Desa Ubung, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat meluncurkan Program Pang Gizi dengan pemberian makanan Tambahan (PMT) dalam rangka mempercepat penuntasan stunting.

Ketua Kader Pembangunan Manusia(KPM), Ayu di Praya, Rabu, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan metode penanganan stunting dengan PMT untuk perbaikan gizi bekerja sama dengan Puskesmas setempat dan anggarannya sudah disepakati bersama BPD Desa Ubung.

"Pemberian makanan tambahan tersebut berupa pemberian telur ayam kampung dan daging ayam kampung serta biji-bijian," katanya.

Ia menambahkan, mengingat banyaknya kasus anak stunting dan gizi buruk, penuntasan stunting harus dilakukan secara tuntas dan tidak boleh terputus-putus serta menjadi gerakan bersama dari semua pihak baik dari orang tua maupun kader posyandu.

"Untuk mengatasi stunting, perlu kerja sama semua pihak. Karena jika semua bergerak maka stunting di desa bisa diatasi dengan baik dan cepat," katanya. 

Pemerintah desa telah menyiapkan anggaran dana sebesar Rp30 juta dan diserahkan lansung ke KPM untuk penanganan gizi anak stunting dan ibu hamil.

"Satu orang kita kasih satu paket yang isinya Rp450 Ribu per orang," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Desa, Landep mengatakan, program stunting adalah program dari pemerintah pusat, sehingga pihaknya mendukung penuh program yang dilakukan pemerintah desa untuk penuntasan stunting.

"Kami melihat masyarakat Desa Ubung sangat membutuhkan asupan gizi yang selama ini sangat kurang sekali dan kami sangat mendukung program ini," katanya.