RS Pertamedika IHC meluncurkan ambulans mini ICU ke KTT G20

id pertamedika,bumn rumah sakit,ambulans mini icu,g20 indonesia,ktt g20

RS Pertamedika IHC meluncurkan ambulans mini ICU ke KTT G20

Ilustrasi - Petugas medis memeriksa peralatan medis intensive care unit (ICU) yang terpasang di dalam ambulans untuk melayani kebutuhan para kepala negara dan undangan VVIP yang menghadiri KTT G2O di Bali. (FOTO ANTARA/HO-Pertamina)

Jakarta (ANTARA) - Operator grup rumah sakit (RS) BUMN Pertamedika IHC meluncurkan ambulans yang dilengkapi peralatan ruangan mini intensive care unit (ICU) untuk melayani kebutuhan para kepala negara dan undangan VVIP dalam KTT G20 di Bali, pada 15-16 November 2022.

Direktur Medis Pertamedika IHC Asep Saepul Rohmat dalam keterangan di Jakarta, Rabu, mengatakan ambulans mini ICU itu merupakan salah satu dari total 33 ambulans dengan berbagai tipe yang disiapkan oleh Pertamedika IHC.

"Tenaga dan fasilitas medis tersebut dipercaya oleh Pemerintah Indonesia untuk mengawal kesehatan para Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan berbagai negara serta undangan yang telah ditentukan selama masa perhelatan berlangsung," katanya.

Ambulans mini ICU itu memiliki tinggi 2,8 meter, panjang 6,9 meter, lebar 2,3 meter, dan tinggi kabin 1,9 meter. Ia menjelaskan dengan dimensi ambulans yang besar bisa mempermudah tim medis melakukan manuver di dalam ambulans untuk melakukan intervensi dan tindakan medis.

Selain ukuran yang besar, ambulans mini ICU tersebut juga dilengkapi dengan kamera pengawas dan pelacak GPS yang dapat dipantau 24 jam dari ruangan Instalasi Gawat Darurat dan ruang komando, sehingga dapat berkomunikasi dua arah dengan petugas yang ada di rumah sakit.

Ambulans itu dapat menyimpan oksigen dengan kapasitas sekitar 6.000 liter, sehingga memadai untuk pemakaian alat bantu nafas jika diperlukan. Sedangkan, kapasitas inverter 200 watt digunakan untuk suplai daya peralatan medis dalam ambulans. Peralatan mini ICU yang lengkap, seperti alat ventilator baik untuk anak maupun dewasa, monitor defibrillator, dan electric suction juga tersedia untuk menunjang kelengkapan peralatan medis yang dibutuhkan.

Pengemudi ambulans mini ICU sudah mendapatkan sertifikat defensive driving dan basic life support, atau rangkaian upaya untuk mengantisipasi pasien henti nafas atau henti jantung.

Pertamedika IHC, kata Asep Saepul Rohmat, berkomitmen mendukung kelancaran kegiatan G20 dengan menurunkan sebanyak 33 tim medis VVIP mulai 11 November 2022, diawali dengan kegiatan simulasi atau gladi evakuasi di lokasi acara dan di hotel masing-masing delegasi negara.

Baca juga: Imigrasi deportasi WNA ganggu ketertiban selama KTT G20
Baca juga: Bandara Syamsudin Noor tambah area parkir pesawat KTT G20


Direktur Utama Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP) Theryoto menambahkan sebagian tenaga medis dikerahkan dari RSPP tidak akan mengurangi kualitas pelayanan di rumah sakitnya. Layanan RSPP tetap akan maksimal, sejalan dengan kehandalan tenaga medis dan non medis, serta pemanfaatan teknologi terbaru, sehingga standar mutu pelayanan tetap tinggi.

Pertamedika IHC merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang layanan kesehatan. Perusahaan juga merupakan induk usaha rumah sakit BUMN yang menaungi 75 rumah sakit serta 143 klinik kesehatan di seluruh Indonesia.