1.178 calon haji NTB lunasi BPIH

id calon haji ntb, pelunasan bpih

1.178 calon haji NTB lunasi BPIH

Sekda Provinsi NTB, Muhammad Nur (kiri) menyalami jamaah calon haji saat acara pelepasan di gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB di Mataram.

"Kami mengharapkan calon haji yang masuk dalam nomor porsi tersebut segera melunasi BPIH guna mempercepat proses penyelesaian adminsitrasi,"
Mataram, (Antara Mataram) - Sebanyak 1.178 orang calon haji Provinsi Nusa Tenggara Barat telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun 2013 untuk embarkasi Lombok masing-masing sebesar 3.782 dolar Amerika Serikat.

Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kementerian Agama NTB H Ma`ad Umar di Mataram, Senin, mengatakan data calon haji yang telah melunasi BPIH tersebut dihitung hingga Jumat (24/5) pukul 17.00 WITA.

Ia mengataian, berdasarkan Peraturan Menteri Agama No. 35/2013 pelunasan BIPH dibuka mulai 22 Mei hingga 12 Juni 2013. Karena itu para calon haji diharapkan segera melunasi di bank pelaksana yang telah ditunjuk.

"Jumlah BPIH yang disetor ke bank pelaksana dalam rupiah, kemudian dikonversi ke mata uang dolar AS. Untuk NTB BPIH tahun ini sebesar 3.782 dolar AS atau sekitar Rp37,05 juta. Nilai itu sesuai kurs pada saat penyetoran," katanya.

Dia mengatakan, tiga hari setelah menyetor pelunasan BPIH di kantor bank penerima setoran, para calon haji harus mendaftar ulang ke Kantor Kemenag kabupaten/kota. Diharapkan proses pelunasan berjalan lancar, sehingga proses administrasi juga berjalan lancar.

Menurut Ma`ad, kuota calon haji NTB tahun 2013 sebanyak 4.494 orang. Jumlah tersebut termasuk tim pendamping haji daerah (TPHD) sebanyak 30 orang.

Tahun 2013 calon haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah mulai nomor porsi 37.251 hingga 41.800. Nomor urut itu bisa berubah jika ada jamaah yang mengundurkan diri karena beberapa alasan seperti tidak bisa melunasi BPIH sampai batas waktu yang ditentukan, pada 12 Juni.

"Kami mengharapkan calon haji yang masuk dalam nomor porsi tersebut segera melunasi BPIH guna mempercepat proses penyelesaian adminsitrasi," katanya.

Ma`ad mengatakan, para calon haji yang telah melunasi BPIH tersebut diminta membuat paspor di kantor Imigrasi Mataram untuk calon haji asal Pulau Lombok dan kantor Imigrasi kelas II Sumbawa Besar untuk calon haji di Pulau Sumbawa.(*)