Kedubes Inggris kenalkan rumah sakit virtual

id Kedubes Inggris,Rumah Sakit,Dubes

Kedubes Inggris kenalkan rumah sakit virtual

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins. (ANTARA/HO-Kedubes Inggris)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia memperkenalkan rumah sakit virtual, yaitu Rumah Sakit Rakyat (RSR) di Sulawesi Selatan sebagai upaya meningkatkan akses kesehatan kepada masyarakat luas, terutama kaum marjinal.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, Rumah Sehat Rakyat virtual yang merupakan bagian dari Program Akses Digital (DAP) Pemerintah Inggris itu adalah layanan telehealth komunitas lokal yang memungkinkan petugas kesehatan masyarakat untuk memantau individu-individu di tujuh lokasi di Sulawesi Selatan.

Penggunaan layanan RSR ini tidak dipungut biaya. Mereka yang diterima di RSR menerima kunjungan virtual oleh para petugas kesehatan yang memungkinkan mereka untuk diperiksa dan kemudian diobservasi secara rutin.

Namun, tim RSR tidak menyediakan peralatan kesehatan untuk melakukan kunjungan virtual tersebut. Sistem RSR hanya memungkinkan dokter dan individu untuk memasukkan data kondisi kesehatan dasar ke dalam sistem data pasien yang aman yang kemudian memberikan skor yang mencerminkan kondisi kesehatan individu. Pada tingkat promosi-pencegahan, RSR juga menyediakan Pendidikan Kesehatan Masyarakat (CHE) dan Pendidikan Kesehatan Mental Masyarakat (CMHE) secara online dan reguler ke daerah-daerah yang ditargetkan.

Intervensi ini bertujuan untuk meningkatkan literasi kesehatan dan melindungi masyarakat, terutama kelompok marjinal, dari risiko-risiko kesehatan, termasuk Covid-19 dan masalah kesehatan mental. Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins menyatakan bahwa pandemi COVID-19 telah mendorong percepatan transisi ke solusi digital, termasuk di bidang kesehatan.

Baca juga: Dubes RI promosikan wisata Nusantara ke warga Hainan
Baca juga: Ibu dan anak WNI asal Bali korban gempa di Turki dimakamkan


"Salah satu contoh transisi ini adalah dalam perawatan kesehatan, dan organisasi layanan kesehatan telah merespons pandemi COVID-19 melalui adopsi cepat terhadap solusi digital dan alat-alat teknologi canggih, termasuk layanan telehealth," kata Jenkins.

Proyek RSR juga memungkinkan petugas kesehatan untuk memberikan layanan konsultasi kesehatan dan kesehatan mental yang lebih luas kepada masyarakat yang paling terdampak oleh penyakit menular, perubahan iklim, dan bencana alam.

RSR menggunakan sistem telehealth untuk menawarkan berbagai layanan kesehatan masyarakat yang mencakup dua tahap intervensi kesehatan, yakni tahap pencegahan-promosi dan tahap kuratif tingkat dasar. Konsultasi virtual utama yang ditawarkan RSR mencakup Pendidikan Kesehatan Masyarakat (CHE), Pendidikan Kesehatan Mental Komunitas (CMHE), penunjuk arah untuk dukungan sosial dan hukum lebih lanjut, dan konsultasi kesehatan virtual rutin.