Pemprov NTB menggelar Program Mudik Gratis Lebaran 2023

id NTB Sediakan Bus Gratis Untuk Lebaran 2023,NTB Rencanakan Bus Gratis Untuk Pemudik 2023,Arus Mudik 2023,ramadhan,ramadha

Pemprov NTB menggelar Program Mudik Gratis Lebaran 2023

Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Moh Faozal. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat berencana kembali menggelar Program Mudik Gratis Lebaran 2023 atau Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Mudik gratis kita upayakan kembali, nanti kerja sama dengan Damri," kata Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Moh Faozal di Mataram, Sabtu.

Ia mengatakan program mudik gratis ini kemungkinan tidak akan banyak seperti pada mudik lebaran tahun sebelumnya, mengingat keterbatasan keuangan daerah.

"Karena keterbatasan anggaran mungkin dua atau tiga bus yang disediakan dengan estimasi penumpang 100 orang," ujarnya.

Faozal menyebutkan jumlah pemudik di NTB pada Lebaran 2023 ini diperkirakan mencapai 3,5 juta orang. Pergerakan penumpang ini dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

"Perkiraan kami mudik tahun ini meningkat karena tidak ada pembatasan, tidak ada rapid tes dan segala macam. Tidak seperti dua tahun lalu," terang Faozal.

Para pemudik ini akan menggunakan jalur transportasi udara, darat maupun laut," terang Faozal.

Ia mengatakan menghadapi arus mudik tahun ini, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi agar selama arus mudik berjalan tertib dan lancar.