Mendag inginkan komoditas kelapa dan lada kuasai pasar global

id Mendag,Zulikifli hasan,Komoditas kelapa,Komoditas lada

Mendag inginkan komoditas kelapa dan lada kuasai pasar global

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan usai mengunjungi Sekretariat International Coconut Community (ICC) dan International Pepper Community (IPC) di Jakarta, Rabu (12/4/2023). (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengharapkan bahwa komoditas kelapa dan lada bisa menjadi unggulan perdagangan Republik Indonesia (RI) serta menguasai pasar global. "Komoditas kelapa dan lada bisa jadi unggulan Indonesia yang bisa membanggakan dan kita bisa menguasai pasar dunia," katanya usai mengunjungi Sekretariat International Coconut Community (ICC) dan International Pepper Community (IPC) di Jakarta, Rabu (12/4).

Ia mengatakan bahwa Pulau Sumatra memiliki produksi lada yang besar, seperti lada putih dari Bangka Belitung dan lada hitam di Lampung. Menurutnya, hal ini sangat berpotensi untuk dikembangkan hingga mancanegara.

Baca juga: Satgas Pangan siap tindak tengkulak dan penimbun sembako
Baca juga: Bazar Ramadhan 2023 bantu masyarakat dan UMKM


Kementerian Perdagangan (Kemendag) pun menggandeng ICC dan IPC untuk saling bertukar informasi guna menyatukan visi misi, dalam mendorong komoditas kelapa dan lada lebih mendunia. Menurut Zulkifli, dua komoditas tersebut sudah menjadi unggulan sejak zaman dulu. "Sekarang kelihatannya kita perlu menyamakan langkah-langkah menghadapi kompetisi yang tambah ketat, kok kelapa muda kita malah impor, kan kebalik-balik," demikian Zulkifli Hasan.