Pertamina berangkatkan 3.000 orang program Mudik Gratis

id PERTAMINA,MUDIK GRATIS,BUMN

Pertamina berangkatkan 3.000 orang program Mudik Gratis

Suasana pelepasan peserta mudik gratis Pertamina 2023. ANTARA/HO-Pertamina

Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) memberangkatkan sebanyak 3.000 orang dalam program Mudik Gratis Bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 2023.

"Program ini merupakan salah satu bentuk syukur Pertamina karena dapat terus hadir menyalurkan energi bagi masyarakat Indonesia serta ungkapan terima kasih kepada masyarakat yang telah setia menggunakan produk-produk Pertamina," kata Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Erry Widiastono dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Pertamina mengerahkan 64 unit bus dengan jumlah pemudik 3.000 orang dengan 17 rute yang dilayani meliputi Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Yogyakarta, Pemalang, Cilacap, Purworejo, Kebumen, Tegal, Purwokerto, Semarang, Surakarta, Banyuwangi, Ngawi, Madiun, Malang dan Surabaya.



Tercatat 3.000 pemudik yang berpartisipasi itu sebagian di antaranya merupakan kalangan komunitas pekerja informal seperti marbot, pemulung, petugas kebersihan, dan pedagang kaki lima.

Pelepasan peserta "Mudik Dinanti Mudik di Hati Bersama BUMN" itu dilakukan oleh Erry di Plaza Barat Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu.

Erry mengungkapkan pada Lebaran 2023 ini cakupan mudik ditetapkan melalui jalur darat, dengan titik pemberangkatan bus dari GBK Jakarta menuju 17 titik yang diperhitungkan sebagai tujuan padat pemudik sehingga program tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal bagi masyarakat.

Selain itu, Erry juga menyatakan program mudik gratis merupakan langkah nyata Pertamina dalam mendukung program Kementerian BUMN untuk mengungkapkan kepedulian dan rasa syukur perusahaan dengan berbagi kebahagiaan serta keberkahan kepada pemudik agar dapat berkumpul dengan keluarga.

Pertamina juga menyediakan beragam fasilitas dan aktivitas bagi para pemudik, di antaranya aktivitas anak-anak, pijat gratis, pangkas rambut gratis, dan photo box, yang sengaja disiapkan untuk mendukung kenyamanan dan menunjang kebutuhan pemudik saat menunggu prosesi keberangkatan.

Selain itu, melalui kolaborasi Pertamina Group, para pemudik juga memperoleh beragam keuntungan meliputi perlindungan asuransi pemudik selama perjalanan dari Tugu Insurance, merchandise bagi pemudik serta e-voucher sebesar Rp25.000 bagi pemudik yang memiliki aplikasi MyPertamina.

Untuk mendukung kenyamanan pemudik selama perjalanan, Pertamina juga telah memastikan aspek keselamatan, kesehatan, dan keamanan pemudik dengan penyediaan peralatan yang memadai serta moda transportasi yang telah terdata dan lulus inspeksi dengan status laik jalan.

Selain itu, masing-masing bus juga memiliki koordinator yang bertugas memantau keselamatan dan kebutuhan pemudik selama perjalanan.

Baca juga: Pertamina tambah stok elpiji di Bali sampai 15 persen
Baca juga: Pertamina menambah pasokan LPG bersubsidi di NTB jelang Idul Fitri

Melalui program itu, Pertamina mengharapkan tidak hanya memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga, namun juga dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam perjalanan mudik.