Manimbang klaim dapat sinyal positif dari gerindra

id sumbawa barat pilkada

Manimbang klaim dapat sinyal positif dari gerindra

Pasangan Manimbang Kahariady - M Nasir usai mengembalikan formulir pendaftaran ke Sekretariat DPD PAN Sumbawa Barat di Taliwang, Kamis (10/4) didampingi sejumlah pengurus DPD PAN.

Saya siap maju di Pilkada Sumbawa Barat pada Desember 2015. Keputusan untuk mencalonkan diri setelah melihat adanya dukungan dari berbagai elemen masyarakat dan sinyal positif dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra"
Sumbawa Barat, (Antara NTB) - Ketua DPRD KSB periode 2004-2009 H Manimbang Kaharyadi mengklaim mendapat sinyal positif dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) terkait peluangnya menjadi bakal calon Bupati Sumbawa Barat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015.

"Saya siap maju di Pilkada Sumbawa Barat pada Desember 2015. Keputusan untuk mencalonkan diri setelah melihat adanya dukungan dari berbagai elemen masyarakat dan sinyal positif dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra," katanya saat dihubungi dari Mataram, Jumat.

Manimbang yang juga Ketua Bidang Hubungan Masyarakat DPP Gerindra sejak 2012 tidak memungkiri sejak awal Ketua DPC Gerindra Sumbawa Barat Iwan Panjidinata juga telah mendeklarasikan diri akan maju berpasangan dengan Mala Rahman (paket MAPAN).

Namun, kata dia, sampai saat ini DPP Gerindra belum menerbitkan rekomendasi untuk figur manapun pada Pilkada Sumbawa Barat. Dengan demikian, peluang masih terbuka untuk kader maupun figur lain yang memiliki potensi dan elektabilitas.

"Politik tidak harus terjebak dalam formalitas, tetapi juga harus pandai menginterpretasi sinyal yang ada. Saya optimistis karena melihat sinyal positif dari sejumlah pengurus DPP yang mendorong saya untuk maju," ujarnya.

Menurut dia proses penentuan figur yang akan diusung Gerindra di pilkada, kata Manimbang, akan melalui survei elektabilitas dan penilaian oleh "Tim Lima". Dukungan untuk maju juga datang dari sebagian anggota "Tim Lima" tersebut.

"Tiga dari lima anggota Tim Lima DPP, mendukung. Saya juga intensif berkomunikasi dengan pengurus DPP lainnya serta DPW," katanya.

Kalaupun nantinya dukungan DPP Gerindra gagal didapat, Manimbang mengaku sudah menyiapkan upaya antisipasi.

"Saya intensif berkomunikasi dengan banyak partai. Saya sudah melamar ke PAN dan Demokrat, dan intensif berkomunikasi dengan Golkar, dan partai lain," katanya.

Manimbang mengaku keputusannya untuk ikut bertarung di Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat bukan tanpa perhitungan matang. Dalam berpolitik seluruh aspek harus diperhitungkan agar setiap langkah yang diambil nantinya tidak sia-sia.

"Tentu ada perhitungan-perhitungan yang sudah saya lakukan sebelum memutuskan untuk maju di pilkada nanti," kata Manimbang yang juga menjabat sebagai Direktur Pusat Kajian Parlemen Indonesia (Puskapi). (*)