UMKM di OKU Timur terima bantuan peralatan usaha

id Bantuan usaha, UMKM, ekonomi produktif, perekonomian masyarakat, Pemkab OKU Timur

UMKM di OKU Timur terima bantuan peralatan usaha

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah menyerahkan bantuan usaha ekonomi produktif kepada pelaku UMKM, Sabtu (2/9/2023). (ANTARA/Edo Purmana)

Martapura (ANTARA) - Sebanyak 190 orang pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan, menerima bantuan peralatan usaha ekonomi produktif dari pemerintah untuk dikembangkan dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.
 

Peralatan modal usaha tersebut diserahkan langsung oleh tokoh masyarakat Herman Rolip sebagai fasilitator yang memperjuangkan pelaku UMKM untuk mendapat bantuan dari pemerintah di Martapura, Sabtu.

Penyerahan bantuan ini dilakukan untuk zona 1 meliputi tiga kecamatan yaitu Bunga Mayang, Jayapura, BP Peliung dan Kecamatan Martapura. "Penyerahan peralatan usaha untuk zona 1 hari ini sebagai bentuk gerakan seribu wirausaha muda dengan total bantuan sebanyak 41 item,” kata Herman yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD OKU Timur.

Adapun bantuan yang diserahkan tersebut antara lain peralat bengkel, alat salon, usaha keripik, terpal untuk budi daya perikanan, mesin jahit, alat perangkat servis serta peralatan usaha lainnya. “Semoga dengan bantuan yang diserahkan ini dapat membantu warga dalam mengembangkan usahanya," harapnya.

Sementara, Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah mengatakan bantuan usaha ekonomi produktif tersebut diperuntukkan bagi masyarakat di lima kecamatan di wilayah itu guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga.

Baca juga: Menkumham meningkatkan nilai tambah produk UMKM
Baca juga: Puluhan ribu orang ditargetkan hadiri pameran kuliner internasional di Bali

Menurut dia, bantuan yang disalurkan tersebut sangat membantu masyarakat dalam perkembangan ekonomi di OKU Timur sehingga perekonomian masyarakat dapat bangkit dan berkembang pascapandemi COVID-19 melanda.

Bupati berharap dengan adanya bantuan ini dapat mendukung kegiatan UMKM agar dapat terus tumbuh dan berkembang. "Dengan adanya bantuan ini diharapkan pergerakan UMKM di OKU Timur menjadi lebih lancar pascapandemi COVID-19," ujar dia.