PINBA presentasikan 251 karya ilmiah Bahasa Arab

id UIN Mataram,Pinba,Bahasa Arab

PINBA presentasikan 251 karya ilmiah Bahasa Arab

Dr Baiq Erma Suryani MSi, Ketua Panitia PINBA

Mataram (ANTARA) - Pekan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) ke-14, mempresentasikan 251 karya ilmiah di auditorium Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram pada 6-8 September.

"Peserta PINBA turut dihadiri oleh Asosiasi Guru Bahasa Arab dan seluruh Universitas Indonesia mulai dari Ar- Raniri hingga IAIN Maluku," kata Dr Baiq Erma Suryani MSi, Ketua Panitia PINBA, Kamis.

Kegiatan itu mencakup pertemuan forum akademik, kata dia, di dalamnya membahas terkait artikel yang telah dikirimkan sebelumnya, kemudian dipresentasikan melalui dua sesi, yakni, Multaqa 1 dan 2 serta Al-jalsah, di lokasi yang berbeda.

Sedangkan peserta dari kegiatannya adalah dosen dan guru bahasa Arab, kemudian dari pengurus Ittihad Mudarris al Lugghatul Arabiyyah (imla) Indonesia. Selain itu, acara tersebut dihadiri juga oleh pengurus pusat dan pengurus daerah. Di kesempatan yang sama, digelar pula muktarar Imla.

Acara tersebut dibagi menjadi 10 paralel sesion yang di mana semua peserta yang sudah mengirimkan makalahnya, akan mempresentasikan artikelnya.  
Pada tahun ini UIN Mataram dipilih menjadi tuan rumah dalam acara ini, katanya seraya menambahkan tujuan PINBA ini sebagai pengembangan bahasa Arab di Asia Tenggara khususnya Indonesia.

"Sebenarnya ada dua yang sudah siap menjadi tuan rumah, yaitu UIN Mataram dan perwakilan dari Medan. Namun, secara mayoritas saya yang dipilih sehingga Mataram yang akhirnya menjadi tuan rumah untuk acara ini," ujarnya