Asianj Games : Tim bulu tangkis beregu putra-putri siapkan kekuatan terbaik

id Asian games 2022,Bulutangkis,rionny mainaky

Asianj Games : Tim bulu tangkis beregu putra-putri siapkan kekuatan terbaik

Tim bulu tangkis Indonesia yang berkekuatan 20 atlet bertolak ke Hangzhou, China, untuk mengikuti agenda multicabang Asian Games 2022 melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin dini hari. (ANTARA/HO-PP PBSI)

Jakarta (ANTARA) - Tim bulu tangkis beregu putra dan putri Indonesia siap bertanding pada laga perdana di ajang Asian Games 2022 di Hangzhou, Jumat, dengan menurunkan kekuatan terbaik. Kepala Bidang dan Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, menyampaikan semua pemain dalam keadaan fit dan siap untuk diturunkan. "Semua pemain kondisi bagus, fit, dan siap untuk diturunkan. Laga pertama ini akan seperti laga final, jadi kami akan menurunkan kekuatan terbaik," kata Rionny dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Tim pelatih optimistis para pemainnya sudah menjalani persiapan dan latihan yang optimal dan siap berjuang habis-habisan di lapangan. "Terutama di beregu putri walau lawan di atas kertas lebih unggul tapi selama ada fight, keyakinan, bisa main lepas tanpa beban, dan tidak gentar pasti bisa," lanjut Rionny.

Tim beregu putri Indonesia akan berhadapan dengan unggulan pertama sekaligus tim tuan rumah, China. Pelatih tunggal putri Indra Widjaja menyebut persiapan latihan tunggal putri dalam dua dan tiga hari terakhir di China cukup bagus. Menurut dia, semua pemain siap bertanding tanpa ada kendala sakit, cedera, atau hal lain yang mengganggu.

"Saya rasa di tim putri ini kekompakannya sangat bagus, anak-anak juga sudah tahu besok tidak akan mudah. Tapi ada keyakinan untuk memberikan perlawanan yang ketat," ucap Indra.

Sementara pada tim beregu putra, lawan yang akan dihadapi masih belum pasti. Antara Malaysia atau Korea Selatan yang saat ini sedang berlangsung pertandingannya. "Untuk beregu putra, siapa saja yang diturunkan apalagi sektor tunggal itu merata kekuatannya. Jadi nanti siapa yang lebih siap dia yang akan diturunkan. Lawan juga kan belum tahu siapa, nanti itu juga strategi kami untuk menentukan. Bagaimana kecocokan dengan prediksi calon lawan," kata Rionny.

Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting mengaku siap memberikan performa yang maksimal apabila tim pelatih menurunkannya dalam pertandingan. "Yang pasti lebih disiapkan dari semua aspek, teknis, dan non teknis. Belum tahu besok lawan Malaysia atau Korea. Intinya siapapun lawannya besok ya saya cuma mau fokus buat menyiapkan diri sendiri dulu. Dan pastinya nanti lihat juga sedikit gambaran calon lawan besok siapa dan bagaimana," kata Ginting.

Baca juga: Tiga tunggal putri Indonesia ke babak 16 besar
Baca juga: Pebulu tangkis Anthony Ginting siap berlaga kembali di China Open 2023


Beregu putri dijadwalkan bertanding lebih dahulu hari Jumat mulai pukul 08.00 WIB, dilanjutkan beregu putra pukul 16.00 WIB. Semua pertandingan berlangsung di Bingjiang Gymnasium, Hangzhou, China.