Wisata edukasi tingkatkan kreativitas semangat belajar siswa

id wisata edukasi, madrasah, kemenag, manado, sulut

Wisata edukasi tingkatkan kreativitas semangat belajar siswa

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kotamobagu Jamaluddin Lamato saat melepas siswa memgikuti wisata edukasi, di Kotamobagu, Rabu (8/11/2023). ANTARA/Nancy L Tigauw

Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kotamobagu Jamaluddin Lamato mengatakan wisata edukasi mampu meningkatkan kreativitas dan semangat belajar para siswa.

"Wisata edukasi ini akan berada di beberapa titik yakni Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung," kata Jamaluddin, di Kotamobagu, Rabu (8/11).

Dia memberikan penguatan dan melepas siswa MTsN 1 Kotamobagu menuju lokasi wisata edukasi. Didampingi Kasi Pendis Ratna Potabuga dan Kepala Madrasah Idang Simbala, 150 siswa dan para guru dilepas Kepala Kantor dengan iringan doa.

“Jaga kekompakan, taati tata tertib dan keputusan ketua rombongan," katanya.

Wisata Edukasi kali ini mengangkat tema cerlang budaya dengan titik lokasi di Manado, Minahasa, Minut dan Butung. Ia menjelaskan bahwa wisata edukasi ini tentunya sangatlah penting, semakin banyak melihat tempat-tempat bersejarah atau tempat lainnya yang memiliki nilai edukasi, maka semakin banyak pula pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh para siswa.

Selain memperoleh edukasi, katanya, juga ajang ini sebagai bentuk refreshing bagi para siswa. Kegiatan ini tentunya sudah dipersiapkan jauh sebelum, mulai dari menentukan konsep seperti apa yang akan disuguhkan kepada para murid, menentukan beberapa tempat yang akan dikunjungi, juga persiapan para siswa sudah termasuk penginapan dan makan minum mereka.

Baca juga: OJK Bali edukasi pelaku UMKM-pelajar di desa wisata
Baca juga: Melongok kampung kreatif JFC kenalkan budaya


Wisata edukasi juga memiliki manfaat meningkatkan kreativitas, melatih cara berfikir kritis dan mengembangkan otak, membangun imajinasi, meningkatkan semangat belajar para siswa.