World Water Forum ke-10 ciptakan kesadaran tentang air

id menteri pupr,world water forum,bali,2024,ciptakan,kesadaran,air

World Water Forum ke-10 ciptakan kesadaran tentang air

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (kanan) dalam dalam pameran Water Art Installation di Jakarta, Minggu (3/12/2023). ANTARA/Aji Cakti

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan penyelenggaraan World Water Forum ke-10 pada Mei tahun depan bertujuan menciptakan kesadaran (awareness) terhadap sumber daya air.

"Kepentingan kita adalah membuat awareness kepada semua level pengelola air mulai dari pusat, regional, dan lokal untuk selalu aware dengan air," ujar dia di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, isu terkait sumber daya air ini bukan hanya isu nasional melainkan juga isu global. Dalam World Water Forum ke-10, terdapat tiga pembahasan yakni tiga topik yakni tematik, politik, dan regional. Dalam topik tematik telah ditentukan enam subtema yakni Water Security and Prosperity, Water for Humans and Nature, Disaster Risk Reduction and Management, Governance, Cooperation, and Hydro-diplomacy Sustainable Water Finance, Knowledge and Innovation.

Pada topik regional terbagi menjadi empat wilayah, yakni Mediterania, Asia Pasifik, Afrika, dan Amerika. Diperlukan pembahasan di level regional, karena setiap regional memiliki keunikan dan tantangan berbeda tentang air.

Pada topik politik dibagi menjadi pertemuan tingkat kepala negara, menteri, parlemen, pemerintah daerah, dan otoritas wilayah sungai. Penyelenggaraan World Water Forum ke-10 di Bali pada 2024 menjadi momentum peningkatan kerja sama untuk pengelolaan air secara global. Permasalahan air menjadi penting karena air sumber daya alam yang tidak bisa manusia produksi sendiri.

Baca juga: Pembangunan infrastruktur utamakan prinsip berkelanjutan
Baca juga: Menteri PUPR mengundang Presiden Tajikistan hadir di World Water Forum


World Water Forum merupakan forum lintas batas terbesar di dunia yang fokus dalam pembahasan isu-isu air dan mencari solusi global sebagai jawaban atas isu-isu tersebut .

World Water Forum ke-10 yang dilaksanakan pada 18-24 Mei 2024 mengusung tema “Water for Shared Prosperity”. Dengan membawa harapan bahwa World Water Forum menjadi ajang berbagai pemangku kepentingan dari berbagai negara untuk berbagi pengalaman dan inovasi merespon berbagai tantangan pengelolaan air secara global.