Resmikan Desa Berdaya Tetebatu, PLN NTB dukung peningkatan pariwisata Lombok Timur

id PLN,Program Peduli PLN,Pokdarwis Green Rinjani,PLN NTB

Resmikan Desa Berdaya Tetebatu, PLN NTB dukung peningkatan pariwisata Lombok Timur

PLN meresmikan program Desa Berdaya Tetebatu, Pengukuhan Komunitas Local Guide & Penandatangan MoU Bimbingan Teknik Kepemanduan Wisata, di Desa Tetebatu, Sikur, Lombok Timur, NTB. (ANTARA/HO-ist)

Mataram (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram melakukan peresmian program Desa Berdaya Tetebatu, Pengukuhan Komunitas Local Guide & Penandatangan MoU Bimbingan Teknik Kepemanduan Wisata pada Selasa (23/12).

Acara peresmian program Desa Berdaya Tetebatu dalam rangka mendukung pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Lombok Timur tersebut, menandai komitmen PLN dalam mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan potensi pariwisata di wilayah tersebut.

Desa Tetebatu di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu destinasi pilihan terbaik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara, pesona alam yang membentang luas dari kaki gunung Rinjani ini menawarkan banyak potensi pariwisata, mulai dari warisan budaya, wisata air terjun, tracking pedestrian dan jalur sepeda.

Asisten II Bidang Perekonomian Dan Pembangunan Setda Kabupaten Lombok Timur, Ahmad Masfu, menyampaikan apresiasi yang mendalam atas dukungan PLN dalam perannya membangun desa wisata di Tetebatu.

"Seperti yang kita ketahui, potensi wisata di Desa Tetebatu sangatlah besar, dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan PLN yang telah membangun sarana prasarana, dan juga pengembangan sumber daya manusia melalui program-program yang telah dilaksanakan," katanya.

Melalui program PLN Peduli, PLN telah memberikan bantuan transportasi sepeda listrik di tahun 2022, berlanjut kemudian di tahun 2023, PLN kembali berkolaborasi dengan Kelompok Sadar Wisata Green Rinjani Desa Tetebatu melalui perbaikan sarana wisata seperti jalur sepeda, toilet, dan pelatihan pengelolaan pariwisata dan pengembangan UMK.

"Dengan bantuan dari PLN ini kami berharap dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di Tetebatu, mampu menciptakan lapangan pekerjaan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," ujarnya.

Sementara itu, General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo mengatakan bahwa Desa Berdaya Tetebatu merupakan inisiatif yang melibatkan PLN sebagai mitra strategis yang hadir untuk memberikan kontribusi nyata.

Ia juga turut menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dari seluruh stakeholder yang telah menyukseskan Program Desa Berdaya Tetebatu.

"Program Desa Berdaya Tetebatu merupakan hasil kolaborasi yang sangat baik antara PLN dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur, PLN dengan Kepala Desa setempat, dan juga PLN dengan Pokdarwis Green Rinjani Desa Tetebatu," ucapnya.

Selain itu, PLN juga melakukan seremonial penandatanganan kerja sama (MoU) dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Lombok Timur untuk menyelenggarakan bimbingan teknik kepemanduan wisata kepada 35 local guide.

"Di samping membangun sarana prasarana, kami berupaya untuk ikut membangun sumber daya manusia melalui program sertifikasi, di mana nantinya 35 orang local guide tersebut akan mendapatkan Sertifikat BNSP yang dapat digunakan di seluruh Indonesia," kata Sudjarwo.

Baca juga: TNI-PLN ajak warga tanam pohon dan bersihkan pantai di Mataram
Baca juga: PLN hadirkan tracking mangrove di Desa Wisata Lembar Selatan


PLN meresmikan program Desa Berdaya Tetebatu, Pengukuhan Komunitas Local Guide & Penandatangan MoU Bimbingan Teknik Kepemanduan Wisata, di Desa Tetebatu, Sikur, Lombok Timur, NTB.