Capres Prabowo tak akan serang capres lain saat debat

id Debat capres,Prabowo,TKN

Capres Prabowo tak akan serang capres lain saat debat

Capres RI Anies Baswedan (kanan), Capres RI Prabowo Subianto (tengah), Capres RI Ganjar Pranowo (kiri) beradu gagasan dalam debat perdana capres dan cawapres di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wpa/YU

Jakarta (ANTARA) - Wakil Komandan Echo (Hukum dan Advokasi) Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Habiburokhman, mengatakan Prabowo Subianto tidak akan menyerang calon presiden (capres) lainnya pada debat selanjutnya.

Menurut Habib, debat capres yang akan berlangsung pada hari Minggu (7/1) di Istora Senayan, Jakarta, bukan ajang pamer (show off) bagi capres nomor urut 2 itu.

"Pada debat capres besok, bukan ajang unjuk gigi atau show off, bukan. Pak Prabowo enggak akan mempermalukan, enggak akan merendahkan, dan enggak akan menyerang capres lain pada debat besok," kata Habib kepada wartawan di Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut dia, debat adalah ajang untuk berbicara dengan rakyat.

"Kalau debat itu, yang jelas Pak Prabowo itu 'kan pasti menguasai. Ini 'kan menjadi ajang bagi kita berbicara dengan rakyat. Apa gagasan-gagasan beliau? Apa visi dan misi serta program beliau? Bagaimana rasionalisasinya?" ujarnya.

Habib percaya diri bahwa Prabowo akan menguasai tema debat selanjutnya. Hal itu karena mengingat pengalaman Prabowo sebagai Menteri Pertahanan dan latar belakangnya di dunia militer.

"'Kan pertahanan, pengetahuan, jadi penguasaan tema debat itu berdasarkan pengetahuan dan pengalaman," imbuh Habib.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan debat ketiga Pilpres 2024 yang mempertemukan tiga calon presiden (capres) bakal digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 7 Januari mendatang.

Terkait dengan tema debat, ada pengembangan dari empat tema menjadi enam tema. Keenam tema tersebut meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja yang dimulai lebih dahulu oleh capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan ditutup dengan penyampaian pernyataan kesimpulan oleh masing-masing capres pada segmen keenam.

Pada tanggal 12 Desember 2023, debat pertama Pilpres 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta, kemudian debat kedua Pilpres 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada tanggal 22 Desember 2023.

Rangkaian debat capres/cawapres dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi, yakni pada tanggal 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024. Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga: KPU sebut debat capres kedua akan digelar di Istora Senayan
Baca juga: Keamanan siber menjadi salah satu fokus Ganjar untuk debat capres


Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.