Kunjungan pasien di RSUD Mataram naik 30 persen

id kunjungan RSUD Mataram,RSUD Mataram

Kunjungan pasien di RSUD Mataram naik 30 persen

Kondisi pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, saat libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriah/2024. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, kunjungan pasien pada hari pertama masuk kerja setelah libur dan cuti bersama Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah mengalami peningkatan sekitar 20-30 persen dari hari biasa.

"Peningkatan kunjungan pasien ini terjadi karena panjangnya waktu libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriah/2024," kata Direktur RSUD Kota Mataram dr Hj NK Eka Nurhayati melalui Kasubbag Humas RSUD Kota Mataram Yuda Prasetya di Mataram, Selasa.

Menurutnya, dari data pasien yang terdaftar di poliklinik sampai pukul 12.30 Wita, tercatat sebanyak 1.058 orang. Jumlah itu belum termasuk untuk layanan di IGD dan poliklinik sore yang antreannya juga cukup banyak.

Pada hari-hari normal, kunjungan pasien mencapai sekitar 1.000 pasien, tapi jika ditambah dengan layanan di IGD bisa mencapai 1.200 pasien per hari.

"Jadi tingkat kunjungan pasien pada hari pertama masuk setelah libur Lebaran diprediksi mencapai sekitar 1.400 pasien bahkan lebih," katanya.

Menurutnya, tingginya tingkat kunjungan pasien ini dipicu karena panjangnya waktu libur dan cuti bersama Idul Fitri 2024 sehingga banyak pasien yang jadwal berobat atau kontrol ke poliklinik tertunda.

"Jadi hari ini pasien yang datang lebih banyak," katanya.

Dikatakan, selama libur dan cuti Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024, RSUD Mataram mengoptimalkan layanan 24 jam di IGD.

Untuk mengoptimalkan layanan di IGD, para petugas medis yang biasa bertugas di poliklinik baik perawat, dokter umum, maupun dokter spesialis setiap pagi disiagakan di IGD sebagai langkah antisipasi terjadi lonjakan pasien.

Baca juga: RSUD Mataram siagakan tim PSC di posko Lebaran
Baca juga: Kejari Mataram terbitkan SP3 kasus korupsi dana advokasi RSUD Lombok Utara


"Untuk dokter umum dan spesialis tetap kita siagakan secara bergantian. Kami sudah buatkan jadwal piket untuk masuk shift-shiftan," katanya.

Diakuinya, libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriah dimulai tanggal 8-15 April 2024, menjadi libur yang paling lama dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena itu, RSUD Mataram jauh0jauh hari telah menyiapkan skenario pembagian tugas kepada para tenaga kesehatan, agar masyarakat bisa tetap terlayani secara maksimal dan paripurna selama libur.

"Alhamdulillah, berbagai layanan di IGD selama libur dan cuti bersama Lebaran 2024, bisa tertangani maksimal," katanya.