KAI Daop 1 layani 115 ribu orang selama liburan

id KAI Daop 1 Jakarta, libur panjang Kenaikan Yesus Kristus, perjalanan kereta api

KAI Daop 1 layani 115 ribu orang selama liburan

Penumpang berjalan menuju peron keberangkatan Stasiun Pasar Senen, Jakarta. ANTARA/HO-KAI Daop 1 Jakarta

Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta melayani sekitar 115 ribu orang selama masa libur panjang Kenaikan Yesus Kristus tahun ini, meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan rata-rata penumpang pada hari biasa.

Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa untuk mengantisipasi kepadatan penumpang, pihaknya memberangkatkan sejumlah kereta api jarak jauh tambahan.

Ia menyebutkan beberapa kereta api tambahan tersebut yakni Argo Cheribon relasi Gambir-Cirebon, Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung, Taksaka Tambahan relasi Gambir–Yogyakarta, serta Manahan relasi Gambir–Yogyakarta.

“Peningkatan jumlah perjalanan kereta api ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend pekan ini,” ujarnya.

Berdasarkan data pemesanan tiket hingga hari ini, Ixfan menyatakan bahwa 115.200 tiket telah direservasi untuk periode keberangkatan 9-12 Mei. Jumlah tersebut termasuk tiket untuk keberangkatan 57.500 penumpang dari Stasiun Pasar Senen serta 37.100 penumpang dari Stasiun Gambir.

Sementara itu, sisanya berangkat dari berbagai stasiun lain di wilayah operasional KAI Daop 1, antara lain Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Cikarang, Stasiun Karawang, Stasiun Cikampek, dan Stasiun Jakarta Kota.

Ia menyampaikan bahwa pihaknya menyediakan total 31 perjalanan kereta api jarak jauh keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan 33 perjalanan keberangkatan dari Stasiun Gambir.

Baca juga: KAI Daop 1 mengubah operasional 12 kereta antisipasi demo Hari Buruh
Baca juga: Arsenal kokoh di puncak klasemen lawan Chelsea

Ixfan menuturkan bahwa jumlah keberangkatan pelanggan paling tinggi terjadi pada Kamis ini dengan total sekitar 34 ribu pengguna naik dari berbagai stasiun di wilayah KAI Daop 1 Jakarta.

Dari jumlah tersebut, ia menyatakan bahwa 17 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 12 ribu penumpang dari Stasiun Gambir, dan 5 ribu penumpang lainnya dari Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Cikarang, Stasiun Karawang, Stasiun Cikampek, dan Stasiun Jakarta Kota.