Turki lolos ke perempat final Euro 2024

id piala eropa 2024,turki,austria,merih demiral

Turki lolos ke perempat final Euro 2024

Bek Turki Merih Demiral merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Austria pada pertandingan 16 besar Piala Eropa 2024 di Stadion RB Leipzig, Selasa (2/7/2024). (ANTARA/AFP/RONNY HARTMANN)

Jakarta (ANTARA) - Dwigol Merih Demiral mengantarkan Turki melaju ke perempat final Piala Eropa 2024 setelah menang 2-1 atas Austria pada pertandingan 16 besar Piala Eropa 2024 di Red Bull Arena, Leipzig, Selasa setempat atau Rabu dini hari WIB.

Turki sudah dinanti oleh salah satu kandidat juara, Belanda, pada perempat final yang akan dimainkan di Berlin pada 6 Juli mendatang.

Pertandingan baru berusia satu menit saat Turki membuka keunggulan. Arda Guler melepaskan tendangan sudut yang dihalau Cristoph Baumgartner sebelum melewati garis gawang, tetapi bola sapuannya membentur rekan setimnya Stefan Posch.

Kiper Patrick Pentz lantas menghalaunya sebelum bola jatuh ke penguasaan Demiral, yang dengan cepat melesakkannya masuk ke gawang Austria.

Austria berusaha menyamakan kedudukan secepatnya. Baumgartner melepaskan tembakan melebar, sebelum Demiral mencegah pemain yang sama membobol gawang Turki ketika bola berbahaya melintasi mulut gawang Turki.

Guler hampir menggandakan keunggulan Turki, melalui sepakannya dari sisi tengah lapangan yang masih melebar dari gawang Austria.

 

Pelatih Austria Ralf Rangnick melakukan dua pergantian pemain saat turun minum, termasuk memasukkan Michael Gregoritsch, yang mengemas trigol saat kedua tim bertemu tiga bulan silam.

Gawang Austria mendapat ancaman saat Marko Arnautovic berada dalam situasi satu lawan satu dengan kiper Mert Gunok yang dapat dipatahkan sang kiper. Setelah itu Konrad Lainers gagal melakukan penyelesaian maksimal saat ia melaju dari tengah lapangan.

Namun justru Turki yang mampu menggandakan keunggulan, ketika tendangan sudut Guler pada menit ke-59 dapat disambut sundulan Demiral. Gol tersebut sekaligus menjadikan Demiral sebagai bek Eropa pertama yang mampu mencetak dua gol pada fase gugur turnamen utama sejak Lilian Thuram melakukan hal serupa pada Piala Dunia 1998.

Austria baru mampu memperkecil ketertinggalan saat bola tenangan bebas Stefan Posch disambut sepakan Gregoritsch masuk ke gawang Turki pada menit ke-66.

Setelah itu hujan deras mengguyur lapangan di Leipzig, tetapi kedua tim tetap menampilkan permainan tempo tinggi. Dalam satu kesempatan, Sabitzer sempat terkena lemparan benda dari penonton saat ia ingin mengambil tendangan sudut.

Turki memiliki peluang untuk mengemas gol ketiga bagi Turki, tetapi Baris Alper Yilmaz gagal menaklukkan kiper Pentz menjelang laga usai.

Di sisi lain lapangan, kiper Turki Gunok melakukan penyelamatan penting untuk timnya saat ia dengan lincah dapat menahan sundulan Baumgartner yang mengarah ke sudut jauh gawangnya. Turki pun mampu mempertahankan keunggulan, untuk memastikan lolos ke perempat final turnamen utama untuk pertama kalinya sejak Piala Eropa 2008.

Daftar susunan pemain:

Austria: Patrick Pentz, Stefan Posch, Kevin Danso, Philipp Lienhart, Phillipp Mwene, Nicolas Seiwald, Konrad Laimer; Romano Schmid, Christoph Baumgartner, Marcel Sabitzer, Marko Arnautovic

Pelatih: Ralf Rangnick

 

Turki: Mert Gunok, Mert Muldur, Merih Demiral, Abdulkerim Bardakci, Ferdi Kadioglu, Ismail Yuksek, Kaan Ayhan, Kenan Yildiz, Orkun Kokcu, Baris Alper Ylmaz, Arda Guler

Pelatih: Vincenzo Montella


Baca juga: Daftar tim lolos, dan jadwal pertandingan perempat final Euro 2024