KKN IAIH Pancor Lombok Timur tanam 100 pohon di Bali

id NTB,IAIH Pancor Lombok Timur,Bali,IAIH Tanam Pohon di Bali,KKN

KKN IAIH Pancor Lombok Timur tanam 100 pohon di Bali

Mahasiswa KKN Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) Pancor Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan penanaman pohon di Bali. (ANTARA/IAIH Pancor Lombok Timur).

Kegiatan pengabdian nasional ini sendiri telah berjalan satu bulan penuh
Mataram (ANTARA) - Mahasiswa Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) Pancor Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat menanam 100 pohon melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Bali.

Wakil Rektor IAI Hamzanwadi Pancor, Dr Abdul Hayyi Akrom mengatakan kegiatan penanaman pohon ini sebagai komitmen tinggi dilakukan kampus yang dipimpin oleh Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zaenul Majdi terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan.

"Kegiatan pengabdian nasional ini sendiri telah berjalan satu bulan penuh," ujarnya melalui keterangan di Mataram, Jumat.

Ia menjelaskan kegiatan pengabdian nasional ini bagian dari puncak kegiatan KKN Nasional, selain di pendidikan dan dakwah adalah kegiatan pelestarian lingkungan dalam bentuk penghijauan, yakni penanaman seratus pohon di wilayah Candi Kuning, Bedugul, Bali.

"Kegiatan penghijauan ini sendiri dilakukan secara bertahap, dimulai sejak Kamis tanggal 4 sampai 9 Juli 2024, di Candikuning, Bedugul, termasuk di bebukitan area pondok Yayasan al-Hidayah, Bali," terangnya.

Baca juga: KKN Internasional IAIH Pancor tanam pohon di Budo-Su-Ngai Nasional Park dan Mayo Thailand

Kelompok KKN Nasional IAIH Pancor, bergabung bersama kelompok masyarakat pecinta lingkungan yang terdiri dari masyarakat setempat.

Mengenai asal bibit pohon yang ditanam, kelompok mahasiswa KKN Nasional IAIH Pancor, di Bali bersama Ketua KPA Mallon Danu, Ustadz Khairil Anwar, mengajukan permohonan bibit pohon kepada Kementerian Lingkungan dan Kehutanan BPBDASHL Unda Anyar.

Pihak terkait menyetujui permohonan tersebut dengan memberikan seratus bibit pohon untuk ditanam di daerah Candi Kuning, Bedugul, Bali. Sebelumnya, kelompok KKN Internasional di Thailand juga melaksanakan kegiatan pelestarian lingkungan di Thailand, yakni di Provinsi Narathiwat dan Pattani, Thailand.

Kegiatan penanaman pohon ini adalah bentuk komitmen nyata dari civitas akademika IAIH Pancor terhadap lingkungan.

Baca juga: Pengurus NWDI dan Yaysan Al-Hidayah sambut baik KKN Nasional IAIH Pancor di Bali

Abdul Hayyi Akrom, mengatakan IAIH Pancor sebagai salah satu perguruan tinggi di Tanah Air memberi perhatian terhadap gerakan-gerakan pelestarian lingkungan.

"Bagi IAIH Pancor, lingkungan adalah hal yang sangat penting. Karena berkaitan langsung dengan kehidupan," ujar Hayyi Akrom.

"Terkait dengan itu, karena lingkungan adalah kebutuhan semua, seyogyanya semua pihak harus ikut berpartisipasi dalam pelestarian dan perbaikan lingkungan," sambungnya.

Lebih jauh, Hayyi Akrom, mengatakan kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan oleh kelompok KKN Nasional IAIH Pancor di Bali adalah salah satu bentuk partisipasi sivitas akademika IAIH Pancor di bidang lingkungan.

"IAIH Pancor berkomitmen untuk terus berusaha berpartisipasi pada kegiatan-kegiatan pelestarian lingkungan sebagai bagian dari derivasi menjalani perintah agama dan menjaga tanah air," katanya.

Baca juga: Puluhan mahasiswa IAIH Pancor Lombok Timur KKN di Thailand