Bupati Lombok Utara buka acara "Gendu Rasa"

id gendu rasa siu ate sopoq agen,lombok utara ,kearifan lokal,najmul akhyar

Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH menyampaikan sambutan pada pembukaan "Gendu Rasa Siu Ate Sopoq Angen" di Gedung Serbaguna Gondang, Kecamatan Gangga. Foto Humas dan Protokol Setda KLU

Sebagai salah satu ikon kearifan lokal dan adat budaya, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara mengedepankan adat budaya yang bertumpu pada kesejarahan dan nilai-nilai bestari di Nusa Tenggara Barat
Mataram (Antaranews NTB) - Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH membuka acara  tahunan "Gendu Rasa Siu Ate Sopoq Angen" tahun 2018 dengan tema "Merajut Kearifan Lokal sebagai Citra dan Identitas Budaya dalam Membangun Lombok Utara yang berlangsung   di Gedung Serbaguna Gondang, Kecamatan Gangga, Kamis (15/3).

Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lombk Utara melalui siaran pers yang diterima di Mataram, Jumat menyebutkan  acara Gendu Rasa Siu Ate Sopok Angen ke-7 itu antara lain dihadiri  Kepala Dinas Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Lombok Utara H Muhammad SPd, Kadis P2KBPMD Drs H Kholidi Halil MM, perwakilan OPD lainnya, perwakilan LSM, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya.
Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH menyampaikan sambutan pada pembukaan "Gendu Rasa Siu Ate Sopoq Angen" di Gedung Serbaguna Gondang, Kecamatan Gangga. Foto Humas dan Protokol Setda KLU
Ketua Panitia Pelaksana Gendu Rasa Siu Ate Sopoq Angen H Muhammad SPd  menyatakan kegiatan tersebut sebagai salah satu ikon Kabupaten Lombok Utara. Landasan yuridis dari kegiatan  UU nomor 33 tahun 2009, UU nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya, UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, UU nomor 5 tahun 2017 tentang Kemajuan Budaya.

Menurut dia,  tujuan dari Gendu Rasa itu adalah menginventarisasi dan memvalidasi cagar budaya, selain mendorong efektifitas kearifan lokal dalam pelayanan publik, melalui peningkatan dan optimalisasi hasil karya dan seni masyarakat serta membangun kebudayaan.

Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH  menyatakan Gendu Rasa Siu Ate Sopok Angen sudah tujuh kali  berturut-turut dilaksanakan. Tahun 2018 diupayakan lebih produktif, substantif terhadap kearifan lokal agar  bisa diterap dalam membangun Lombok Utara.
Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH "disembek" oleh tokok adat yang menandai pembukaan "Gendu Rasa Siu Ate Sopoq Angen" di Gedung Serbaguna Gondang, Kecamatan Gangga. Foto Humas dan Protokol Setda KLU
"Sebagai salah satu ikon kearifan lokal dan adat budaya, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara mengedepankan adat budaya yang bertumpu pada kesejarahan dan nilai-nilai bestari di Nusa Tenggara Barat," katanya.

Bupati Lombok Utara berpesan agar konteks sejarah terkait akar budaya dikaji dan masukan hasil sarasehan, nantinya menjadi kebijakan untuk mendorong dan mengawal supaya desa memiliki Masyarakat Krama Desa (MKD) yang khas keberadaannya di Kabupaten Lombok Utara.

Pembukaan Gendu Rasa Siu Ate Sopoq Angen  ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar bupati. (*)
Pewarta :
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar