Rohmi Dorong Penguatan Wisata Halal di NTB

id Pariwisata halal NTB,Zul Rohmi,Pilkada NTB 2018

Rohmi Dorong Penguatan Wisata Halal di NTB

Calon Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah.

Pariwisata halal saat ini sudah menjadi `brand image` yang kuat bagi wisatawan yang berkunjung di NTB
Lombok Utara (Antaranews NTB) - Calon Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah mendorong penguatan program wisata halal secara berkelanjutan di daerah itu.

"Di sektor pariwisata sebagai ikon NTB, Zul-Rohmi akan melanjutkan ikhtiar konsep pembangunan pariwisata halal yang sudah dirintis oleh Tuan Guru Bajang (TGB). Pariwisata halal saat ini sudah menjadi `brand image` yang kuat bagi wisatawan yang berkunjung di NTB," kata Rohmi saat berada di Lombok Utara, Minggu.

Rohmi (calon wagub) berpasangan dengan calon gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah (Zul).

Ia menegaskan, agar wisatawan yang berkunjung ke NTB mendapatkan suasana yang baru dan khas, pihaknya akan mendorong peran masyarakat untuk membuka destinasi wisata yang baru.

"Zul-Rohmi akan mendukung dan siap bekerja sama bersama rakyat untuk memperkenal destinasi wisata tersebut agar lebih dikenal," sambungnya.

Sementara, untuk menunjang wisata halal, Zul-Rohmi juga mendorong agar masyarakat setempat atau lokal menjadi pilot pembangunan wisata di daerah tersebut.

"Fasilitasi pelatihan pembangunan SDM berkelanjutan di lingkar wisata mutlak dilakukan," ucap politisi Demokrat ini.

Selain wisata halal, dalam berbagai kesempatan ketemu dengan konstituennya, Rohmi selalu menekankan bahwa dalam kerangka meminimalisasi dampak laju kerusakan lingkungan akibat pembangunan dan aktivitas pembalakan liar, pihaknya sudah mempersiapkan "blue print" penataan lingkungan yang berbasiskan daya dukung lingkungan.

"Ini sebagai bagian kepedulian Zul-Rohmi untuk menjaga keseimbangan ekosistem dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat lingkar hutan," tegas kakak kandung Gubernur NTB Zainul Majdi (TGB) ini.

Menurutnya, pengelolaan kawasan hutan melalui program perhutanan sosial di Lombok Utara berdampak positif buat warga desa. Hutan di Lombok Utara , seperti di Rempek, harus terus ditingkatkan kualitasnya sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat lingkar hutan dan komunitas adat.

"Kami (Zul-Rohmi) menghargai upaya pelestarian kawasan hutan yang melibatkan partisipasi masyarakat lokal," katanya.

Bagi Rohmi pemulihan kondisi lingkungan di NTB akan menjadi atensi khusus Zul-Rohmi untuk menekan atau mengatasi proses degradasi ekosistem kawasan setempat.

"Hal ini penting agar generasi mendatang dapat menikmati kondisi lingkungan yang baik," katanya. (*)