Sidang kabinet di IKN bahas transisi pemerintahan

id Mensesneg,Pratikno,sidang kabinet,IKN,Presiden,Joko Widodo,Prabowo Subianto

Sidang kabinet di IKN bahas transisi pemerintahan

Menteri Sekretaris Negara Pratikno (kiri) memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/8/2024). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Jakarta (ANTARA) - Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan sidang kabinet paripurna yang dipimpin Presiden Joko Widodo bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju di Ibu Kota Nusantara akan membahas salah satunya transisi pemerintahan.

"Itu kan sidang kabinet paripurna tentu saja pembahasannya akan lebih bersifat umum ya, seperti sidang kabinet paripurna pada umumnya," kata Pratikno saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.

Pratikno menjelaskan seluruh menteri akan diundang untuk menghadiri sidang kabinet paripurna di Istana Presiden di IKN yang dijadwalkan pada Senin, 12 Agustus 2024.

Mensesneg memaparkan pembahasan dalam sidang kabinet meliputi evaluasi pemerintahan pada tahun ini, terutama tahun terakhir Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Baca juga: Menteri AHY atasi masalah tanah IKN tanpa rugikan warga

Selain itu, sidang juga membahas perencanaan tahun depan termasuk transisi pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

"Apalagi ini kan di masa-masa akhir pemerintahan Pak Presiden Jokowi, kemudian transisi ke Pak Presiden Prabowo, sekitar itu," kata Pratikno.

Dalam kesempatan sebelumnya, Plt. Kepala Otorita IKN/Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyiapkan Istana Garuda dan Istana Negara sebagai tempat untuk sidang kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Baca juga: Otorita IKN gandeng INKA dan KAI inisiasi trem otonom

Meski tidak ingin merinci, Basuki menjelaskan pihaknya akan menyiapkan kedua istana tersebut untuk sidang bersama para menteri.

"Kalau itu belum tahu saya. Apa di Istana Negara atau Istana Garuda. Akan kita siapkan dua-duanya," kata Basuki saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (5/8).

Basuki memaparkan bahwa untuk di Istana Negara, OIKN menyiapkan empat hall atau ruangan untuk mencakup semua menteri kabinet.

Baca juga: Enam lapangan migas baru hingga persiapan Sirkuit Mandalika
Baca juga: ASN yang masih lajang ikuti tahap awal pemindahan ke IKN